TINGKAT PENCEMARAN COUFORM DAN ESCHERICHIA COLI PADA DAGING SAPI YANG DIJUAL DIBEBERAPA PASAR TRADISIONAL DIWILAYAH KOTAMADYA SURABAYA

SOEMARI, 069311964 (2001) TINGKAT PENCEMARAN COUFORM DAN ESCHERICHIA COLI PADA DAGING SAPI YANG DIJUAL DIBEBERAPA PASAR TRADISIONAL DIWILAYAH KOTAMADYA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 72 02 Soe t.pdf

Download (660kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pencemaran Coliform dan Escherichia coli pada daging sapi yang dijual dibeberapa pasar tradisional di wilayah Kotamadya Surabaya, serta membandingkan denga standar yang telah dikeluarkan oleh Dirjen Pengawasan Obat dan Makanan. Sampel yang digunakan sebanyak 30 buah berupa daging sapi yang berasal dari pasar tradisional di wilayah Surabaya. Rancangan penelitian ini dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan enam perlakuan untuk daging sapi dan lima kelompok yang terdiri dari Surabaya timur, Surabaya barat, Surabaya pusat, Surabaya utara dan Surabaya selatan. Metode yang digunakan untuk penghitungan jumlah bakteri dengan cara Most Probable Number (MPN). Masing-masing sampel ditanam pada media Mac Conkey Broth (MCB) untuk menghitung jumJah bakteri Coliform sedangkan untuk menghitung jumlah bakteri Escherichia coli dengan menggunakan media Eosine Methylene Blue Agar (EMBA). HasH penelitian dari 30 sampel menunjukkan bahwa daging sapi yang dijual di beberapa pasar tradisional di wilayah Kotamadya Surabaya tidak berbeda nyata (p>0,05) terhadap jumlah bakteri Coliform dan Escherichia coli diantara kelima wilayah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF170-180 Working animals
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
SOEMARI, 069311964UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRr. Ratih Ratnasari, S.U., drh.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 13 Dec 2016 21:52
Last Modified: 13 Dec 2016 21:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49109
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item