PENGARUH PEMBERIAN INFUSA DAN EKSTRAKTA MENIRAN (Phyllanthus niruri, Linn) TERHADAP DIURESIS TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus)

CHRISTINA ENDAH ISWANDARI, 069512200 (2000) PENGARUH PEMBERIAN INFUSA DAN EKSTRAKTA MENIRAN (Phyllanthus niruri, Linn) TERHADAP DIURESIS TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 74 01 Isw p.pdf

Download (553kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pcnc\itian ini bcrtujllan untuk mcngctahui cfcktilitas dari infllsa 10'% dan cxlracta mcniran scbagai tliurclik patin likus putih dihandingkan dCllgan furoscmid. Ilcwan percobaan yang digunakan adalah 24 ckor tikus putih strain Wislar hcrumur dua sampa; liga bulan, dcngun beral hadan kurang Ichih 250 g, yang dibagi menjadi empal kelompok secara acak. Kelompok perlakuan I sebagai kontrol negatif yaitu pemberian aquades, kelompok perlakuan II yailu pemberian infusa 10% meniran, kelompok perlakuall III yaitu pemberian cxlracla meniran, dan kelompok perlakuan IV yang juga sebagai konlrol positif yaitu pemberian furosemid. Pada scmua kclompok pcrlakuan pcmbcrian masing-masing pcrlakuan se(~ara oral dengan menggunakan sonde. Selanjutnya masing-masing tikus dimasukkan pada kandang khusus uji diuretik dan penampungan air kemih atau urine dilakukan selama 320 men;t pada tabung ukur (ml). Penelitian in; menggunakan model Rallcangan Acak Lengkap. Data dianalisis dcngan Illenggunakan uji statistik yaitu Analisis Ragam (uji F), kCllludian dilmuutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT) . •rasil penelitian menyatakan bahwa masing-masing perlakuan memberikan hasil diuresis yang berbeda sangal nyata (p < 0,0 I ) .. Antara infusa 10% dan cxtractn mcn;ran terdapat perbedaan efektifilas dalam menimblllkan diuresis. (p < 0,05 ). Pada pemberian extracta meniran menghasilkan volume air kemih yang berbeda nyata dengan pemberian infusa 10% meniran. Selain itu, extracta meniran juga mempunyai kemampuan menghasilkan volume air kemih yang tidak berbeda nyata dengan pemberian furosemid (kontrol positi!).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF405.5-407 Laboratory animals
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
CHRISTINA ENDAH ISWANDARI, 069512200UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjoko Galiono, M. S. , Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 13 Dec 2016 23:20
Last Modified: 13 Dec 2016 23:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49131
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item