PENGARUH SIKAP ATAS ELEMEN-ELEMEN IKLAN DI TELEVISI TERHADAP SIKAP PEMIRSA ATAS MEREK ROKOK "A MILD" DI SURABAYA

YUANA ANDRAYANI (2004) PENGARUH SIKAP ATAS ELEMEN-ELEMEN IKLAN DI TELEVISI TERHADAP SIKAP PEMIRSA ATAS MEREK ROKOK "A MILD" DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk b 141 04 and p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Produk yang memiliki merek kuat cenderung lebih mudah merebut peluang bisnis yang ada dibandingkan perusahaan yang tidak memilikinya. Upaya yang dilakukan untuk mengenalkan merek kepada khalayak adalah melalui periklanan. Media iklan yang dipergunakan sebagai sarana dalam menyampaikan merek ataupun pesan, salah satunya adalah televisi. Televisi mempunyai karakter yang tidak dimiliki media lain yang berupa suara, warna, dan gerakan. Untuk mendapatkan tanggapan positif pemirsa, maka perusahaan mempertimbangkan apa yang sebaiknya disampaikan. Untuk itu perusahaan berusaha. menampilkan iklannya semenarik mungkin agar dapat diterima pemirsa yang menjadi sasarannya sehingga penyampaian elemen-elemen iklan di televisi yang menurut Rossiter dan Percy (1987 : 209) berupa : kata-kata yang terucap, musik, kata-kata yang terlihat, gambar, warna dan gerakan, menjadi penting. Penilaian atas elemenelemen iklan di televisi ini akan mempengaruhi sikap terhadap merek. Begitu pula yang dilakukan PT. Sampoerna Indonesia dalam mengkomunikasikan salah satu merek produknya yaitu Rokok "A Mild". Merek "A Mild" merupakan rokok putih yang senantiasa diiklankan di televisi. Upaya ini dilakukan untuk terus memelihara merek produk agar merek ·'A Mild" se1alu melekat di benak konsumen dan akhirnya mempengaruhi sikapnya atas merek rokok "A Mild". Dalam pene1itian ini rumusan masalahnya adalah : "Apakah sikap atas elemen-elemen iklan di televisi yang terdiri dari kata-kata yang terucap, musik, katakata yang terlihat. gambar, warna dan gerakan berpengaruh terhadap sikap pemirsa atas merek rokok «A Mild di Surabaya ?" Hipotesisnya adalah '·Diduga sikap atas elemen-elemen iklan di televisi yang terdiri dari kata-kata yang terucap, musik, katakata yang terlihat, gambar. warna dan gerakan berpengaruh terhadap sikap pemirsa atas merek rokok "A Mild" di Surabaya. Untuk menjawab permasalahan dan menguji hipotesis, maka dipergunakan regresi linear berganda dengan hasil sebagai berikut : 1) Besarnya nilai R Square (Rl) atau koefisien determinasi sebesar 0,620. Artinya bahwa sebesar 0,620 atau 62,0% sikap pemirsa atas merek rokok "A Mild" di Surabaya dipengaruhi oleh sikap pemirsa atas elemen-elemen ikian di televisi yang terdiri dari kata-kata yang terucap dan efek suara, musik, katakata yang terlihat. gambar, warna dan gerakan. 2) Berdasarkan hasil uji F, diperoleh nilai F hitung sebesar 52,470 dengan tingkat signifikan di bawah 5%, maka dapat dikatakan bahwa secara bersama-sama terdapat pengaruh yang berarti dari sikap atas elemen-elemen iklan di televisi yang terdiri dari kata-kata yang terucap dan efek suara, musik, kata-kata yang terlihat, gambar, warna dan gerakan tcrhadap sikap atas merek rokok "A Mild" di Surabaya. Dcngan demikian hipotesis dalam pcnelitian ini terbukti kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 141/04 And p
Uncontrolled Keywords: ADVERTISING-TELEVISION, CONSUMER
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
YUANA ANDRAYANINIM040023534-E
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDWI UTAMI S., Ora. Ec.., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 13 Dec 2016 23:47
Last Modified: 13 Dec 2016 23:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49143
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item