UJI AKTIVITAS TANAMAN DAUN WUNGU (Graptophyllum pictum (L) Griff.) SEBAGAI ANTI KOKSIDIOSIS PADA AYAM YANG DIINFEKSI Eimeria tenella

HADI PURNAMA WIRAWAN, 069512236 (2000) UJI AKTIVITAS TANAMAN DAUN WUNGU (Graptophyllum pictum (L) Griff.) SEBAGAI ANTI KOKSIDIOSIS PADA AYAM YANG DIINFEKSI Eimeria tenella. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 79 01 Wir u.pdf

Download (545kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PeneJitian ini bertujuan untuk mengetahui khasiat tanaman Daun Wungu (Graptophyllum pictum (L) Griff.) yang diambil daunnya untuk pengobatan penyakit berak darah (koksidiosis) pada ayam yang disebabkan oleh Eimeria tenella ditinjau dari jumlah produksi ookista dan berat badan ayam. Sejumlah 32 ekor ayam pedaging CP 707 dan 5 ekor ayam untuk perbanyakan ookista berumur 3 minggu dipersiapkan untuk dipakai dalam penelitian ini. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan 4 perlakuan dan 8 ulangan. Keempat perlakuan diinfeksi dengan 5000 ookista Eimeria tenella. Pengobatan dilakukan sehari sekali selama 7 hari secara peroral 24 jam seteJah infeksi. Data skor jumlah produksi ookista dan berat badan ayam diuji dengan Analisis Varian (Uji F) dan dilanjutkan dengan Uji BNT 5% bila terdapat perbedaan. Hasil penelitian secara analisis statistik menunjukkan adanya perbedaan yang sangat nyata (p<O,OI) terhadap jumlah produksi ookista Eimeria tenelLa sedangkan terhadap berat badan didapat perbedaan yang nyata (p<0,05) antara perlakuan terapi dengan sediaan perasan (PI), infusa (P2) dan ekstrak (P3) dibandingkan dengan perlakuan kontrol (PO). Diantara perlakuan terapi (PI,2,3) tidak didapat adanya perbedaan efektivitas untuk penghitungan produksi ookista sedangkan untuk berat badan ayam efektivitas sediaan perasan (PI) dan ekstrak (P3) lebih baik dibanding sediaan infusa (P2).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF409 Small animal culture
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
HADI PURNAMA WIRAWAN, 069512236UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Fedik Abdul Rantam,, M.S., Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 14 Dec 2016 00:35
Last Modified: 14 Dec 2016 00:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49147
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item