EFEK PERASAN BUAH PARE (Momordica charantia L) SEBAGAI LAKTAGOGUM TERHADAP SEKRESI AIR SUSU DAN GAMRARAN DIAMETER KELENJAR AMBING PADA MENCIT (Mus musculus)

ERI SETYANTI, 069312033 (2000) EFEK PERASAN BUAH PARE (Momordica charantia L) SEBAGAI LAKTAGOGUM TERHADAP SEKRESI AIR SUSU DAN GAMRARAN DIAMETER KELENJAR AMBING PADA MENCIT (Mus musculus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 81 01 Set e.pdf

Download (559kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek pemberian perasan buah pare (Mon1ordica charanlia L.) sebagai laktagogum terhadap sekresi air SUSll dan gambaran diameter alveoli kelenjar ambing pada meneit (Mus musculus). S~iumlah 50 ekor meneit bunting digunakan sebagai hewan pereobaan. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Aeak Lengkap pola Split plot untuk sekresi air susu berdasarkan perlakuan pemberian perasan buah pare. Raneangan Aeak Lengkap digunakan pada pengamatan diameter alveoli kelenjar ambing. Untuk mengetahui adanya hubungan antara waktu pengamatan (hari) dengan sekresi air susu pada berbagai perlakuan, dan diameter alveoli kelenjar ambing dengan sekresi air susu digunakan Uji Korelasi Regresi, Dosis yang diberikan pada meneit laktasi adalah °mg/Kg BB (PO), 3 mg/Kg BB (PI), 10 mg/Kg BB (P2), 30 mg/Kg BB (P3) dan 100 mgIKg BB (P4) yang diberikan pada hari ketiga setelah partus sampai hari ke IS per oral, Hasil penelitian hubungan antara waktu pengamatan dengan perlakuan pemberian perasan buah pare terhadap sekresi air susu, mempunyai' korelasi positif dengan koefislen korelasi masing-masing perlakuan sebesar 0.165,0,197, 0,409, 0,596 dan 0,674. Untuk sekresi air susu berdasarkan perlakuan pemberian perasan buah pare dan diameter kelenjar ambing didapatkan adanya perbedaan yang sangat nyata (p<O,OI), Hubungan antara diameter alveoli dengan sekresi air susu didapatkan adanya korelasi negatif dengan koefisien korelasi (r = -0,524).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF405.5-407 Laboratory animals
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
ERI SETYANTI, 069312033UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWurlina, Dr., M.S., Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 14 Dec 2016 00:50
Last Modified: 14 Dec 2016 00:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49149
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item