PENGARUH DOSIS DAN FREKUENSI PEMBERIAN SUSPENSI DAMAR API-API (Avicennia marina) TERHADAP BERAT BABAN DAN BERAT KARKAS ITIK MOJOSARI JANTAN

TRI YUNI ERIADI, 069612356 (2001) PENGARUH DOSIS DAN FREKUENSI PEMBERIAN SUSPENSI DAMAR API-API (Avicennia marina) TERHADAP BERAT BABAN DAN BERAT KARKAS ITIK MOJOSARI JANTAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 85 01 Eri p.pdf

Download (562kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian suspensi damar api-api dengan dosis dan frekuensi tertentu terhadap pertambahan berat badan dan berat karkas itik Mojosari jantan. Hewan percobaan yang digunakan adalah itik Mojosari jantan sebanyak 27 ekor, dipelihara mulai DOD (Day Old Duck) dalam kandang litter sampai usia starter. Setelah diadaptasikan selama satu minggu dimulailah perlakuan terhadap hewan coba sampai usia tuj uh minggu di dalam sistem kandang batere. Disain penelitian ini memakai Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan pola faktorial 3x3 yang dibagi dalam sembi Ian kelompok perlakuan, masing-masing beranggotakan tiga ekor itik. Data dianalisis menggunakan uji anava yang dilanjutkan dengan uji Jarak Berganda Duncan. Suspensi Damar Api-api (SDA) diberikan secara oral menggunakan sonde. Dosis perlakuan yakni: 0 g/kg bb; 0,3 glkg bb dan 1,05 g/kg bb masing-masing untuk setiap kelompok dengan frekuensi pemberian sehari sekaIi, tiga hari sekali dan enam hari sekali. Dosis pembc!1an SDA berdasarkan berat badan itik, yang penimbangannya dilakukan setiap minggu. Pemberian SDA dilakukan dengan dosis tetap setiap harinya berdasarkan berat badan mingguan, selama empat minggu penelitian. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pertambahan berat badan dan berat karkas itik dipengaruhi secara nyata (P<0,05) oleh dosis pemberian SDA. Pemberian SDA sehari sekali dengan dosis 0,3 glkg bb maupun 1,05 glkg bb berbeda nyata dengan 0 glkg bb, sedangkan pemberian SDA dengan dosis 0,3 glkg bb ataupun 1,05 glkg bb yang diberikan tiga hari dan enam hari sekali berbeda tidak nyata dengan dosis pemberian 0 glkg bb.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF409 Small animal culture
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsEmail
TRI YUNI ERIADI, 069612356UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBambang Poemomo S., Dr., M.S., drh.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 14 Dec 2016 01:13
Last Modified: 14 Dec 2016 01:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49150
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item