KESESUAIAN PENERAPAN KONSEP PENANDINGAN (MATCHING CONCEPT) PENDAPATAN-BIAVA PADA PERUSAHAAN PENGEMBANG REAL ESTAT "X" SURABAVA DENGAN PSAK NO. 44

BERNARD ISKANDAR, 049715720 (2001) KESESUAIAN PENERAPAN KONSEP PENANDINGAN (MATCHING CONCEPT) PENDAPATAN-BIAVA PADA PERUSAHAAN PENGEMBANG REAL ESTAT "X" SURABAVA DENGAN PSAK NO. 44. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KK A 03-02 ISK K.pdf

Download (244kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Konsep penandingan (matching concept) pendapatan dengan biaya merupakan salah satu faktor penting dalam mengukur dan menilai kinerja perusahaan. Penerapan dari konsep ini dapat digunakan dalam memberikan informasi mengenai penbJUkuran dan pengakuan pendapatan, pencatatan biaya, dan proses penandingan dari pendapatan dengan biaya tersebut. Penerapan konsep penandingan pada perusahaan pengembang real estat tidak jauh berbeda dengan perusahaan lain. Tetapi pada praktiknya seringkali menimbulkan masalah-masalah yang memerlukan penelitian lebih lanjut. Masalah tersebut berkaitan kapan diakuinya pendapatan tersebut dan bagaimana pembebanan biaya yang terjadi. Untuk itu dijelaskan pula mengenai konsep pendapatan dengan pengakuan dan pengukurannya, konsep biaya dengan pecatatan dan pembebanannya, serta proses penandingannya. Setain itu dijelaskan konsep penandingan dalam PSAK no.44 tentang aktitivitas pengembangan real estat. Metode yang dipilih dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus: Metode kualitatif disini ialah untuk memberikan gambaran deskriptif dan menyeluTUh mengenai konsep penandingan. Sedangkan pendekatan studi kasus disini menggunakan kasus penerapan konsep penandingan pada PT"X" Surabaya proyek "G". Perusahaan pengembang real estat "X" Surabaya melaksanakan kegiatan usaha pengembangan kapling tanah dan unit rumah sederhana sehingga pendapatan utama PT"X" juga berasal dan penjualan kapling dan unit rumah. Pengakuan pendapatan untuk penjualan kapling tanah diakui dengan menggunakan metode akrual penuh (full accrual method) dan penjualan unit rumah dengan metode deposit (deposit method). Apabila terjadi penyelesaian yang melewati satu periode akuntansi, maka pendapatan diakui dengan mengbJUflakan metode persentase penyelesaian (percentage-oj-completion method). Biaya yang berhubungan langsllng dengan aktivitas pengembangan, seperti biaya perolehan tanah dan biaya konstruksi dikapitalisasikan dan dibebankan berdasarkan penggullaannya. Scdangkan biaya-biaya lain yang tidak berhubungan secara langsung dan tidak jelas hubungannya dibebankan pada saat terjadinya. PT"X" melakukan proses penandingan dengan dua cara. Yang pertama secara langsung yaitu antara penjualan dengan harga pokok penjualannya. Yang kedua ialah secara periodik yaitu antara pendapatan lain-lain dan beban lain-lain yang tidak mempunyai hubungan kausalitas. Secara umum PT"X" tetah melakukan penerapan konsep penandingan sesuai dengan PSAK no.44 mengenai akuntansi aktivitas pengembangan real estat. Walaupun masih terdapat beberapa kelemahan dalam proses klasifikasi dan pembebanan biaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 03/02 Isk k
Uncontrolled Keywords: COST-INCOME, COMPANY
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB522-715 Income. Factor shares
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
BERNARD ISKANDAR, 049715720UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHENDARJATNO, Drs., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 14 Dec 2016 17:15
Last Modified: 18 Jun 2017 17:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49177
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item