REAKSI PASAR ATAS PENGUMUMAN DIVIDEN KAS PERUSAHAAN INDUSTRI BARANG KONSUMSI : Penelitian di BEJ Tahun 2002

TAN FRANSISKA, 049816089 (2006) REAKSI PASAR ATAS PENGUMUMAN DIVIDEN KAS PERUSAHAAN INDUSTRI BARANG KONSUMSI : Penelitian di BEJ Tahun 2002. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-fransiskat-2873-b13506.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-fransiskat-2873-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebijakan perusahaan dalam masalah dividen akan memberikan informasi kepada pemegang saham mengenai kinerja perusahaan sehingga akan mempengaruhi penilaian pasar terhadap harga saham perusahaan. Pengumuman dividen dipercaya akan mempengaruhi harga saham yang nantinya juga berpengaruh pada abnormal return dari perusahaan sejenis yang berada dalam satu industri. Perusahaan yang mengumumkan dividen adalah perusahaan yang dominan (menguasai pasar) dalam industri, maka pengumuman pembagian dividen tersebut akan mempengaruhi harga saham, begitu pula sebaliknya. Pengumuman dividen mempengaruhi harga dari saham yang yang ada dalam industri sejenis karena adanya ekspektasi akan return yaitu, efek positif akan mengakibatkan perusahaan yang tidak mengumumkan dividen akan mengalami kenaikan harga saham sebaliknya efek negatif akan menjatuhkan harga saham perusahaan yang tidak mengumumkan dividen secara drastis. Dalam penelitian ini penulis menemukan nilai AAR yang signifikan untuk perusahaan industri barang konsumsi yang mengumumkan kenaikan dividen kas selama periode uji, yaitu pada t+5 dan t+7. Terdapat beberapa nilai positif untuk AAR saham perusahaan yang mengumumkan dividen, yaitu pada t-4, t-3, t-2, t-1, t-0, t+2, t+7, t+8,dan t+9, ditemukan adanya nilai CAAR yang signifikan untuk perusahaan yang mengumumkan kenaikan dividen, yaitu pada t-5, t-4, t+3, t+4, t+5, t+6, t+7, t+8, dan t+9, pengumuman kenaikan dividen kas. Berdasarkan Nilai AAR dan CAAR yang signifikan, selama periode uji sebelum, pada saat pengumuman maupun setelah pengumuman terjadi reaksi pasar terhadap perusahaan industri barang-barang konsumsi yang mengumumkan dividen kas. Tidak ditemukan AAR yang signifikan untuk perusahaan sejenis yang tidak mengumumkan dividen kas, meskipun pada t-8, t-5, t-3, t-1, t-0, t+l, t+3, t+5, dan t+7 ditemukan adanya nilai AAR positif Tidak ditemukan CAAR yang signifikan untuk perusahaan sejenis yang tidak mengumumkan dividen kas, meskipun pada t-3, t-2, t-1, t-0, t+l, t+l, t+2, t+3, t+4, t+5, t+7 dan t+8 ditemukan adanya nilai CAAR positif. Nilai AAR yang positif dan nilai CAAR yang cenderung meningkat meskipun masih bernilai negatif pada saat diumumkanya dividen kas baik untuk saham perusahaan industri barang konsumsi yang mengumumkan dividen kas maupun yang tidak mengumumkan dividen kas menunjukkan bahwa pengumuman kenaikan deviden kas merupakan informasi yang positif bagi para investor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.135/06 Fra r
Uncontrolled Keywords: DIVIDENDS; STOCKS � PRICES
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
TAN FRANSISKA, 049816089UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDWI RATMAWATI, Dra. Ec. Hj., M.Com.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 16 Nov 2006 12:00
Last Modified: 07 Jun 2017 18:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4918
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item