PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF “NUMBERED HEADS TOGETHER” TERHADAP PERILAKU DALAM PENCEGAHAN ISPA PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN 1 PUNGGING MOJOKERTO

YULIA DYAH ASMARANI, 131111049 (2015) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF “NUMBERED HEADS TOGETHER” TERHADAP PERILAKU DALAM PENCEGAHAN ISPA PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN 1 PUNGGING MOJOKERTO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
YULIA DYAH A_131111049.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ISPA menjadi penyakit yang mewabah di Jawa Timur tahun 2013 pada kalangan anak usia sekolah terutama di Kabupaten Mojokerto. Hal tersebut karena anak tidak mendapat informasi pencegahan ISPA sehingga perilaku pencegahan ISPA pada anak kurang. Pendidikan kesehatan metode Numbered Heads Together (NHT) tentang pencegahan ISPA merupakan salah satu intervensi untuk menciptakan perilaku tersebut. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan metode NHT terhadap perubahan perilaku pencegahan ISPA anak usia sekolah di SDN 1 Pungging. Rancangan penelitian menggunakan Quasy-Experimental dengan Pretest- Posttest Control Group Design. Populasi penelitian sebanyak 60 siswa kelas 5 SDN 1 Pungging. Sampel sebanyak 58 siswa menggunakan purposive sampling. Variabel independen penelitian ini adalah pendidikan kesehatan metode pembelajaran kooperatif NHT. Sedangkan variabel dependen adalah perilaku (pengetahuan, sikap, dan tindakan) pencegahan ISPA anak usia sekolah. Instrumen yang digunakan ialah RPP dan kuesioner. Analisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dan Mann-Whitney U-test dengan tingkat kemaknaan p<0,05. Hasil uji Wilcoxon Signed Rank test pengetahuan, sikap, dan tindakan kelompok perlakuan adalah p=0,000; p=0,405; dan p=0,000. Pada kelompok kontrol, p=0,083; p=0,248; dan p=0,084. Hasil uji Mann Whitney U-test posttest pengetahuan, sikap dan tindakan adalah p=0,000; p=0,602; dan p=0,000. Pendidikan kesehatan metode NHT efektif meningkatkan pengetahuan dan tindakan anak, tetapi belum efektif membentuk sikap positif. Peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan penerapan metode NHT pada pencegahan penyakit lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 142-16 Asm p
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together, ISPA, perilaku
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB3401-3495 School hygiene. School health services
R Medicine > RC Internal medicine > RC705-779 Diseases of the respiratory system
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
YULIA DYAH ASMARANI, 131111049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNuzul Qur’aniati, S.Kep.,Ns.,M.NgUNSPECIFIED
ContributorIlya Krisnana, S.Kep.,Ns.,M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 14 Dec 2016 17:33
Last Modified: 22 Mar 2018 00:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49185
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item