UPACARA SYAWALAN KRAPYAK (Studi deskriptif pada masyarakat Krapyak Kidul, Kecamatan Pekalongan Utara, Kotamadya Pekalongan Propinsi Jawa Tengah)

JULIA MAHENDRA K., 079314007 (1998) UPACARA SYAWALAN KRAPYAK (Studi deskriptif pada masyarakat Krapyak Kidul, Kecamatan Pekalongan Utara, Kotamadya Pekalongan Propinsi Jawa Tengah). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS ANT 141-98 JUL U.pdf

Download (215kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penul1s dalam mengkaji permasalaham tentang upacara Syawalan Krapyak yang dilaksanakan di desa Krapyak K1dul Kecamatan Pekalongan Utara Kotamadya Pekalongan Propins1 Jawa Tengah, dllatarbelakangl sejak penulis tlnggal di Pekalongan yaitu sejak 13 tahun yang lalu ketika pada waktu syawB1Bn langit di kota Pekalongan dipenuhi dengan balon raksasa yang berwarna-warni dan bunyi mercon yang tiada henti, dan di sepanjang jalan di kota Pekalongan dipenuhi dengan iring-iringan massa yang bergerak menuju ke Krapyak Kidul untuk mengikuti jalannya upacara syawB1Bn dan melihat berbagai macam atraksi hiburan yang digelar di sana. Di dalam suatu upacara digunakan berbagai macam simbol yang melambangkan emos1 keagamaan suatu masyarakat. Upacara Syawalan merupakan salah satu upacara ritual yang didalamnya terdapat berbagai macam simbol yang menyertainya yaitu lopis, lothek dan balon raksasa. Oleh karena ltu untuk mengetahu1 makna suatu slmbol hanya dapat diketahui melalui interpretasi dari masyarakat pendukung kebudayaan itu sendiri. Interpretasi dlperoleh darl masyarakat balk yang memahaml secara khusus mengenai lopis, lothek dan balon raksasa yang digunakan dalam upacara sYBwalan, dalam hal ini adalah sesepuh desa serta para ulama atau mubaligh maupun kepada mereka yang awam namun memillki landasan pengetahuan agama dan adat istiadat setempat cukup baik (kepala desa, sekretaris desa). Di dalam penulisan skripBl yang dlbahas secara deskriptif mengenai Upacara ,Syawalan Krapvak lni berupaya untuk mengungkapkan latar belakang perwujudannya yang didasarkan pada falsafah dan konsep-konsep yang hidup dalam masyarakat, yang tercermin pada balon rakeasa dan lopis raksasa dalam upacara, dan makanan khas sYBwalan yang selalu dlsediakan oleh masyarakat Krapyak Kidul yaitu lopis dan lothek. Dengan melihat kebutuhan masyarakat untuk berinteraksi dalam Buatu konteks upacara ritual keagamaanya yaitu dalam Upacara Svawalan Krapyak, maka diharapkan faktor-faktor keberadaan lopis, lothek, dan balon raksasa pada upacara syawalBn di desa Krapyak Kidul dapat diketahui. Dalam proses penyelesalan skripsi inl, perolehan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi di lapangan, dan data sekunder berupa monografi desa. surat kabar. Sedangkan analisa data dilakukan secara kualitatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS ANT 141-98
Uncontrolled Keywords: BUDAYA
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
JULIA MAHENDRA K., 079314007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPudjio Santoso, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 14 Dec 2016 17:51
Last Modified: 18 Jun 2017 18:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49188
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item