PENERAPAN AKUNTANSI TINGKAT HARGA UMUM PADA LAPORAN KEUANGAN KONVENSIONAL SEBAGAI INFORMASI TAMBAHAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA PT. PETROSIDA GRESIK

NADIA FATMALIA, 049811918 E (2003) PENERAPAN AKUNTANSI TINGKAT HARGA UMUM PADA LAPORAN KEUANGAN KONVENSIONAL SEBAGAI INFORMASI TAMBAHAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA PT. PETROSIDA GRESIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
kk A 04.04 Fat p.pdf

Download (188kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Laporan keuangan konvensional yang berlaku saat int masih berdasarkan nilal historis, sedangkan konsep his/oncal {:osl in! hallya tepat jika diterapkan pada kondisl dengan asumsi bahwa satuan moneter adalah stabil Deugan tingginya tingkat ioflas!' maka akan mernpengaruhi kestabilan satuan moneter. Sebagai konsekuensinya laporan keuangan yang menggunakan data perolehan tidak lagi dapat menjamin kebutuhan informasi para pemakainya, Sehingga lnformasi yang sebenarnya diandalkan oJeh para pengambil keputusan yaitu laporan keuangan berbasis harga perolehan tidak lagi relevan. Agar informasi yang dihasilkan lebih relevan maka diperiukan iaporan peiengkap yang rnenggambarkan pelUbahan harga dl masa tnflasi, Akuntansi Tingkat Harga l:mum rnerupakan salah satu metode yang dapat djgunakan untuk memecahkan masalah perubahan tiogkat harga. Deugan diterapkannya Akuntansi Tingkat Harga Umum sebagai laporan tambahan diharapkan dapat memberikan intorrnasl yang lebih Murat pada masa inflasi, dimana nantinya berguna umuk memperkecil resiko pada saat pengambilan keputusan. Penelitian tni dilakukan pada PT Petrosida Gresik dengan menggunakan pendekatan kuatitatif, dengan rnetode studi kasus, Penelitian yang dilakukan ini bertujuan unruk mengetahui bagaimana penerapan Akuntansi Tingkat Harga Umum pada laporan keuangan konvensional PT. Petrosida Gresik dan pengaruhnya terhadap rasio keuangan dengan penimbangan bahwa rasio keuangan tersebut berfungsi 5ebagai inforrnasi untuk pengambilan keputusan oleh pillak-pihak yang berkepentingan, yaitu dengan membandingkan rasia keuangan sebelum dan sesudah di sesuaikan dengan tingkat harga umunL Dari hasil pembandingan rasia keuangan yang dilakukan temyata tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan, Namun sebaiknya perusahaan menerapkan Akuntansi Tingkat Harga Utnum, bukan sebagai pengganti laporan keuangan konvensionak namun sebagai taporan peJengkap bagi laporan keuangan konvens.ionaL Dengan diterapkannya Akurttansl Tingkat Harga Vmum maka akan membantu para pemakai laporan keuangan dalam pengambilan keputusan ekonomi dan bisnis. karena mereka menerima informasl yang lebih akurat sehingga dapat bertindak ieblh mantap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 04/04 Fat p
Uncontrolled Keywords: ACCOUNTING, FINANCIAL STATEMENTS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
NADIA FATMALIA, 049811918 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPARWOTO WIGNJOHARTOJO,, Prof. Dr., S.E., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 14 Dec 2016 17:45
Last Modified: 18 Jun 2017 18:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49189
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item