PENYALURAN KREDIT INVESTASI BANK PEMERINTAH DI JAWA TlMUR PERIODE SEPTEMBER 2000 - MARET 2004(KAJIAN ATAS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI)

ARIESTANIA ANJASARI, NIM. : 049916321 (2004) PENYALURAN KREDIT INVESTASI BANK PEMERINTAH DI JAWA TlMUR PERIODE SEPTEMBER 2000 - MARET 2004(KAJIAN ATAS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk c 29.05 Anj p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Jawa Timur sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia tak luput dari pengaruh kondisi perekonomian nasional. Dalam membangun perekonomian yang sehat Jawa Timur memerlukan dana yang tidak sedikit jumlahnya. Sektor yang dapat menunjang adanya pembangunan di Jawa Timur adalah investasi. Karena adanya keterbatasan sumber pembiayaan pembangunan maka diperlukan suatu sumber pembiayaan lain dari perbankan yang dapat dijadikan stimulus investasi di Jawa Timur, yaitu kredit investasi. Peranan ganda yang diemban olen Bank Pemerintah sebagai agen pembangunan yang bertugas mengamankan kebijakan pemerintah serta sebagai perusahaan yang bermotifkan memperoleh laba dalam kegiatan usahanya dan memperoleh kepercayaan masyarakat tertinggi dibanding dengan kelompok perbankan yang lain menyebabkan kelompok bank ini menarik untuk dikaji. Agar upaya pemerintah untuk menyalurkan dana masyarakat dalam bentuk kredit khususnya kredit investasi yang digunakan sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi, dapat mencapai hasil yang optimal, perlu dlketahui faktor-faktor yang mempengaruhi pcnyaluran kredit investasi itu sendiri. Penelitian ini didasarkan atas model analisis yang dikembangkan oleh Charles D.Cathcart yaitu teori penawaran kredit. Berdasarkan hal itu maka variabel-variabel yang diduga mempengaruhi kredit investasi bank pemerintah di Jawa Timur adalah dana pihak ketiga (DPK),tingkat suku bunga kredit investasi dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) riil dengan periode penelitian September 2000-Maret 2004. Penelitian ini menggunakan metode Ordinary Least Square (OLS) dalam mengetimasikan koefisien regresi. Dari hasil regresi yang diperoleh secara bersama-sama DPK, tingkat bunga kredit investasi dan PDRB riil berpengaruh terhadap penyaluran kredit investasi bak pemerintah di Jawa Timur periode September 2000-Maret 2004. Kemudian secara parsial diperoleh bahwa DPK dan tingkat suku bunga kredit investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyaluran kredit investasi bank pemerintah di Jawa Timur sedangkan PDRB rill tidak signifikan dan berpengaruh negatif terhadap penyaluran kredit investasi bank pemerintah di Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK C 29/ 05 Anj p
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1723 Bank stocks. Banking as an investment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsEmail
ARIESTANIA ANJASARI, NIM. : 049916321UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantSAMEKTO HARTOJO, Drs. Ec.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 14 Dec 2016 19:22
Last Modified: 14 Dec 2016 19:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49192
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item