PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN MANAJEMEN PADA RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA

INDAH SUSANTI, 049816071 (2004) PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN MANAJEMEN PADA RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KK A 242-04 SUS P.pdf

Download (120kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pembagian wewenang dan tanggung jawab di berbagai tingkatan manajemen memuneulkan keharusan adanya pengendalian atas penggunaan wev.'Cnang. Pendelegasian wewenang 1m menuntui manaJer bawah untuk mempertanggungjawabkan pelaksanaan wewenang kepada manajer atasannya. Oleh karena itu timbul kebutuhan manajemen akan informasi akuntansi untuk menilai pertanggungjawaban pelaksanaan. Sistem akuntansi pertanggungjawaban dikembangkan guna menyajikan informasi untuk pengendalian manajemen. Informasi akuntansi pertanggungjawaban merupakan informasi yang penting dalam proses perencanaan dan pengendalian akti"itas organisasi, karena informasi tersebut menekankan hubungan antara informasi dengan manajer yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan dan realisasinya. Pengendalian dapat ditempuh melalui pemberian peran bagi setiap manll:ier untuk merencanakan pendapatan dan! atau biaya yang menjadi tanggung jawabnya, dan kemudian menyajikan informasi realisasi pendapatan dan biaya tersebut menurut manajer yang bertanggung jawab. Mengingat penl,>endalian manajemen sangat penting bagi suatu perusahaan dan akuntansi pertanggungjawaban merupakan suatu elemen dalam pengendalian manajemen, maka diperlukan perhatian yang khusus tentang bagaimana penerapan akuntansi pertanggungjawaban sebagai alat pengendalian manajemen bagi suatu perusahaan agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Penerapan akuntansi pertanggungjawaban pada Rurnah Sakit Islam Surabaya belum sepenuhnya memenuhi persyaratan akuntansi pertanggungjawaban. Hal ini tampak dari masih adanya persyaratan akuntansi pertanggungjawaban yang behun diterapkan yaitu : Kode rekening yang belum dapat menunjukkan klasifikasi biaya yang terjadi (biaya terkendal i atau biaya tidak terkendali); serta anggaran dan Iaporan pertanggungjawaban yang belum memisahkan antara biaya terkendali dan biaya tidak terkendali oleh manajer pusat pertanggungjawaban yang bersangkutan. Untuk meningkatkan peran akuntansi pertanggungjawaban sebagai alat pengendalian manajemen adalah agar Rumah Sakit Islam Surabaya mulai mengaplikasikan akuntansi pertanggungjawaban dengan beberapa penyesuaian dalam sistem akuntansi pertangl,'1I11gjawaban yang sudah ada, yaitu meliputi penyempurnaan kode rekening dengan menambah sistem pengkodean yang menunjukkan k1asifikasi biaya menurut keterkendaliannya serta diterapkannnya pemisahan antara biaya yang dapat dikendalikan dengan biaya yang yang tidak dapat dikendalikan pada anggaran dan laporan pertanggungjawaban biaya agar dapat diketahui siapa yang bertanggung jawab atas biaya yang timbul dan mudah didalam melaksanakan penilaian kinelja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 242/04 Sus p
Uncontrolled Keywords: RESPONSIBILITY, MANAGEMENT CONTROL, HOSPITALS
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
INDAH SUSANTI, 049816071UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMOH. NASIH, Drs. , MT., AkUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 14 Dec 2016 19:27
Last Modified: 18 Jun 2017 19:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49223
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item