PENGARUH TINGKAT BUNGA RIIL, JUMLAH KANTOR BANK UMUM PEMERINTAH DAN PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) RilL PERKAPITA TERHADAP PENGHIMPUNAN DANA MASYARAKAT PADA BANK UMUM PEMERINTAH DI JAWA TIMUR PERIODE 1988 • 2002

RATU KAMALIYAH, 049916498 (2004) PENGARUH TINGKAT BUNGA RIIL, JUMLAH KANTOR BANK UMUM PEMERINTAH DAN PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) RilL PERKAPITA TERHADAP PENGHIMPUNAN DANA MASYARAKAT PADA BANK UMUM PEMERINTAH DI JAWA TIMUR PERIODE 1988 • 2002. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK C 54 04 Kam p.pdf

Download (798kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Menurunnya peranan minyak bumi pada penerimaan Dalam Negeri Indonesia mengaharuskan pemerintah mencari smnber dana alternatif guna memenubi kebutuhan modal yang sangat diperlukan dalam pembangunan nasional. Untuk itu, sesuai dengan prinsip kemandirian bangsa maka pemerintah melakukan berbagai upaya dalam menggiatkan mobilisasi dana dan Dalam Negeri, terutama yang bersmnber dan masyarakat. Perbankan merupakan salah satu sarana yang mempunyai peranan strategis dalam mengerahkan dana dan masyarakat. Berbagi upaya telah dilalrukan oleh otoritas moneter lUltuk dapat meningkatkan pengerahan dana. Paket-Paket Deregulasi Perbankan yang dikeluarkan pada tanggal I juni 1983 dan 27 oktober ] 988 telah membawa dampak positif bagi peningkatan jmnlah dana yang dapat dihimpun oleh lembaga perbankan. Peranan ganda yang diemban olen Bank Pemerintah sebagai agen pembangunan yang bertugas mengamankan kebijakan pemerintah serta sebagai perusahaan yang bermotifkan memperoleh laba dalam kegiatan usahanya menyebabkan kelompok bank ini menarik untuk dikaji. Agar upaya pemerintah untuk mengerallkan dana masyarakat dapat mencapai hasil yang optimal, perlu diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi penghimpunan dana masyarakat itu sendiri. Ini dapat dipaharni karena dengan mengetahui faktor-faktor tersebut, terutama faktor yang dominan, dapat dijadikan sebagai sasaran awal bagi kebijakan yang ditetapkan pemerintah. Dengan demikian diharapkan kebijakan pemerintah tersebut dapat mencapai tujuannya secara lebih efektif. Dalam skripsi ini dilakukan penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi penghimpunan dana masyarakat pada Bank Pemerintah di Jawa Timur periode 1988-2002 diantaranya meliputi Tingkat BlUlga, Jmnlah Kantor Bank dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) riil. Dari hasil perhitungan statistik terhadap model analisis yang digunakan maka ditarik kesimpulan Bahwa hipotesis pertama yang menduga bahwa tingkat bunga, jumlah kantor bank dan produk domestik regional bruto secara bersamasama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penghimpunan dana masyarakat pada Bank Pemerintah di Jawa Timur periode 1988-2002 dapat diterima Sedangkan hipotesis kedua yang menduga bahwa produk domestik regional bruto riil memiliki pengaruh yang dominan terhadap penghimpunan dana masyarakat pada Bank Pemerintah di Jawa Timur periode 1988-2002 tidak dapat diterima karena temyata jumlah kantor bank merupakan vanabel bebas yang memiliki pengaruh yang dominan terhadap penghimpunan dana masyarakat di Jawa Timur. Karena dengan semakin meningkatnya jumlah kantor bank, maka akan semakin mempermudah nasabah dalam menyimpan uangnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: PERBANKAN
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
RATU KAMALIYAH, 049916498UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSAMEKTOHARTOJO, Drs. Ec.UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 14 Dec 2016 19:33
Last Modified: 14 Dec 2016 19:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49225
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item