ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAN PERTUMBUHAN PENDUDUK TERHADAP PEMERATAAN PENDAPATAN DI DKI JAKARTA PERIODE 1990-2001

ZAHRA ASSAGAFF, 049936680 (2003) ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAN PERTUMBUHAN PENDUDUK TERHADAP PEMERATAAN PENDAPATAN DI DKI JAKARTA PERIODE 1990-2001. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK C 06 04 Ass a.pdf

Download (789kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Proses pembangunan yang dilaksanakan di DKI Jakarta dan serangkaian kebijaksanaan pemerintah telah mampu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, yang merupakan pertanda berhasilnya pembangunan ekonomi yang dilaksanakan. Hal ini berarti pula sesuai dengan tujuan pembangunan itu sendiri, yang akan meningkatkan kemakmuran dam kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan namun di samping keberhasilan pertumbuhan ekonomi tersebut masih dihadapi berbagai persoalan yang berkaitan dengan pemerataan, terutama pemerataan pembagian pendapatan. Masalah pemerataan merupakan masalah yang kompleks, karena berkaitan dengan nilai-nilai sosial masyarakat dengan alasan-alasan sebagai berikut. Pertama, masyarakat memandang pemerataan sebagai tujuan yang sudah sewajarnya dicapai karena implikasi moralnya dan kaitannya erat dengan kemanusiaan yang adil dan beradab, keadilan sosial khususnya dan pancasila umumnya. Kedua. kebijakan yang mendorong pemerataan dapat membantu mengurangi kemiskinan, ketika pendapatan lebih merata maka jumlah penduduk yang berada di bawah garis kemiskinan berkurang. Kebijakan yang berorientasi pemerataan (terutama investasi sumber daya manusia) dalam jangka panjang dapat m~ndorong pertumbuhan ekonomi dan mengurangi kemiskinan. (IMF's Fiscal Affair Departement, 1988). Penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan penduduk terhadap pemerataan distribusi pendapatan yang digambarkan dengan besarya rasio gini. Penelitian dilakukan dengan mengambil data sekunder persentase pertumbuhan ekonomi dan persentase pertumbuhan penduduk serta data rasio gini di DKI Jakarta selama periode tabun 1990-2001. Untuk mengetahui pengaruh antara pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan penduduk terhadap pemerataan distribusi pendapatan, dilakukan dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dad laju pertumbuhan ekonomi dan laju pertumbuhan penduduk terhadap pemerataan distribusi pendapatan. Berdasarkan hasil tersebut diberikan saran terhadap kebijakan pemerataan distribusi pendapatan selanjutnya yaitu pemerataan terhadap laju pertumbuhan ekonomi dan pengurangan terhadap laju pertumbuhan penduduk dapat menurunkan angka gml rasio yang berarti mcnurunkan ketimpangan pembagian pendapatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: fulltext tidak tersedia
Uncontrolled Keywords: pertumbuhan ekonomi, pemerataan penduduk
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC10-1085 Economic history and conditions
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsEmail
ZAHRA ASSAGAFF, 049936680UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorACHMADI, Drs. Ec. , MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 14 Dec 2016 19:45
Last Modified: 14 Dec 2016 19:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49230
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item