PENDUGAAN KUALITAS PERAIRAN SUNGAI KALI MAS DENGAN MENGGUNAKAN INDEKS DIVERSITAS HEWAN BENTOS MAKRO

KHAMELIA RATNA DEWl, 0898.l1739 (2003) PENDUGAAN KUALITAS PERAIRAN SUNGAI KALI MAS DENGAN MENGGUNAKAN INDEKS DIVERSITAS HEWAN BENTOS MAKRO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK MPK 07 03 Dew p.pdf

Download (697kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur komunitas hewan bentos makro di sungai Kali Mas dan untuk menduga tingkat pencemaran perairan dengan menggunakan indeks diversitas hewan bentos makro di sungai Kati Mas Surabaya. I Hewan bentos makro disampling pada 4 stasiun penelitian di sepanjang sungai Kali Mas dengan menggunakan Ponar dredge. Sampel hewan bentos yang ada dalam lumpur disaring dengan saringan bentos diameter pori-pori 0.5 mm, hewan bentos yang didapatkan dikoleksi dan diawetkan dengan alkohol 70 %. Hewan bentos makro kemudian diidentifikasi jenis dan dihitung kelimpahannya, dan dianalisis untuk mengetahui dominansi spesies serta mendapatkan indeks diversitasnya. Berdasarkan indeks diversitas kemudian ditentukan tingkat pencemaran sungai menggunakan kriteria Lee et aI., (1978). Hasil identifikasi didapatkan 17 spesies hewan bentos makro dari 5 kelas, yaitu Bivalvia (2 spesies), Gastropoda (7 spesies), Oligochaeta (4 spesies), Hirudinea (3 sPesies), dan Crustacea (1 spesies). Tubifex tubifex merupakan spesies dominan pada semua stasiun penelitian dengan nilai dominansi lebih dari 74 %. HasH dari perhitungan indeks diversitas dan pendugaan tingkat pencemaran yang diperoleh pada stasiun I adalah sebesar 0,953 dan tennasuk tercemar berat; stasiun n sebesar 0,513 dan termasuk tercemar berat; stasiun III sebesar 1,009 dan tennasuk tercemar sedang; stasiun IV sebesar 0,817 dan termasuk tercemar berat. Sungai Kali Mas terscbut tergolong perairan yang tercemar berat. Perairan yang tercemar berat ditandai oleh dominansi organisme yang toleran terhadap kandungan oksigen terlarut yang rendah yaitu Tubifex tubifex.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC530-537 River protective works. Regulation. Flood control
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsEmail
KHAMELIA RATNA DEWl, 0898.l1739UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMoch.Affandi, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 14 Dec 2016 19:52
Last Modified: 14 Dec 2016 19:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49231
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item