PROSES PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA [Studi Deskrlptif Proses Pelatihan Berbasis Kompetensi (Competence Based Training) Dalam Usaha Meningkatkan Kinerja Pegawai Di Kandatel Surabaya Tlmur, PT. Telekomanikasi Indonesia, Tbk]

YENNY SINTAWATI, 079715404 (2002) PROSES PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA [Studi Deskrlptif Proses Pelatihan Berbasis Kompetensi (Competence Based Training) Dalam Usaha Meningkatkan Kinerja Pegawai Di Kandatel Surabaya Tlmur, PT. Telekomanikasi Indonesia, Tbk]. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis AN 23-02.sin p.pdf

Download (201kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan tentang Bagaimana proses pelatihan berbasis kompetensi(competence based training) dalam usaha meningkatkan kinerja pegm:vai oi PT Telkom Kandalel Surabaya Timur.' Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya studi yang secara spesifik meemhahas masalah proses pclatihan berbasis kompetcnsi sebagai salah satu strategi yang dikembangkan perusahaan seputar pengelolaan sumber daya manusianya. /adapunlokasi yang dipilih adalah TELKOM kan~na berdasarkan )at;;lf belakang masalah yang ada yaitu masih adanya kendala dan tantangan yang dihadapi dalam rncnghadapi era bam hisnis pcrtclckomunikasian di Indonesia yang mengamh pada kompetisl dan penghapusan monopoli dimana TELKOM sendiri kcmudinn menerapkan stralegi manajcJ.llt'n sumber daya manusia berbas.is kompcknsi (Competence 8u.'ed Humail Hesoun'e AlanagementlCBHRM). Dalam hal ini TEI.KOI\1 beranggapan bahwa kompetcnsi merupakan salah satu taktor yang me.nyebabkan peningblan kcmampuatl organisasi (organisational capabili(r) disamping pcngenlbangan teknologi dan penciptaan budaya organisasi. Berkaitan dengun pengembangan kompetensi pegawai, TELKOM mcngcl1<t1 istilah kmnl-x::tcnsi-kornpdensi 1lmbang/minimal (threshold cut}!pelencies) yang berupa pe!lgdahu8.1l dan keahlian dan kompctensilwmpelcnsi-kom pttl'T1si pembeda (d(ffi.'I"L'nllalii'll!, ('()mpelench~s) yaitu kompetensi mengenai kualitas personal dimana komp\~tcnsi ini juga mtmdapatkan perhatian kmcm1 TU,KOM menyaaari halma k.ompc-lensi-kompt;tensi pembcda ini mtnlpakan fak10r yang rncnycbabkan peningkatan kinerja pcga\vai dibandingkan kompctcnsi keahhan dan pcngetHhllan deng:~n tingkHt yang setara. Berdasarkall ha::;il analisis dan interprctasi data serta kerangka teoritik yang digunakan penel iti.. dapat di~impulkan bahwa dalam proses pclatihan bcrbasis kOll1pctcnsi eli PT Telkom Kandatcl Surabaya Timur diukur dampaknya pada kinerja peserta pelatihan dalmn unit keljanya masing-masing dimana yang bcrkaitan denga.n k()mpt~1clhi arnbang (threshold compelencies) hasj]nya efcktif sedangkan u.ntuk kompetensi kualitas personal atau kompetensi pcmhl.!da (dU7i:'Tenfiafinf.!, competencies) hasilnya tidak terlalu dipaksakan karen a untuk kompetensi scperti ini sangat sul it untuk melakukan pengukurau. Selain ill! dnhll11 pro:';~'Sl'ly(l, penilaian dnmpak pelatihan tidak secam <;p! "lld\ IIh'LtI.IlL:m ',111<1, <.:\/;"11.1',1 1l1<'IIYdlli,.I',111 kill<':'.I" pcgawai p!~:'icr1;1 pdalih:\Il SdK~lulll dail sL'sudah pelalihan tdapl lungsung lIlasuk paul! sistcrn penilaiull kinclja pegawai ::l~lain ill! p,~nilaiall h:rhadap pl~llgl:mbi.lliul1 krhadap invcs(asi (retum on inveslrilent) tidak dilakukan studi yang spesi1ik mengenai hal tersebllt. Pellilaian ini l1enting untuk mengetahui sampai sejallhmana peJatihan b~rbasis kompe(cnsi (tcfutama untuk kompdensi pcmbcda) dapat memiJiki dampak pada kincrja pegawai, rneningkat atau malah menycbahkan penumnan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis An 23-02
Uncontrolled Keywords: HUMAN RESOURCES TRAINING
Subjects: H Social Sciences
Creators:
CreatorsNIM
YENNY SINTAWATI, 079715404UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDH. Jusuf lrianto, Drs. . M.ComUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 14 Dec 2016 22:31
Last Modified: 14 Dec 2016 22:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49275
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item