GENDER DALAM BIROKRASI (STUDI TENTANG MAKNA KAHlER DAN PERENCANAAN KARIR BAGI PEGAWAI PEREMPUAN YANG MENDUDUKI JABATAN STRUKTURAL DI PEMKOT SURABAYA)

ISWANTI, 079715576 (2002) GENDER DALAM BIROKRASI (STUDI TENTANG MAKNA KAHlER DAN PERENCANAAN KARIR BAGI PEGAWAI PEREMPUAN YANG MENDUDUKI JABATAN STRUKTURAL DI PEMKOT SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis AN 25-02.isw g.pdf

Download (180kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Studi tentang makna karier dan perencanaan karier pegawai perempuan Di Pernerintah Kota Surabaya, mencoba mengungkap tentang arti karier dan perencanaan karier bagi kehidupan dan pekerjaan mereka. Hal ini terkait dengan adanya konsepsi gender yang melihat adanya pembedaan yang ditimbulkan oleh perbedaan jenis kelamin, pembagian antara wilayah kerja bagi pegawai laki-laki dan perempuan di sektor publik. Implikasi yang mengikutinya adalah pembedaan peran dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang harus dilakukan sehar-i-hari, pertlil-peran kepcl11impinan dan decision maker dianggap adalah peran milik pria karena adanya anggapan laki-Iaki leblh kuat dan rasional demikian pula yang berlaku sebaliknya pada perempuan. Dalam penelitian ini, ditel11ukan adanya fenomena kcmunculan dari pegawai perempuan yang berhasil menduduki jabatan-jabatan :;truktural Di Lingkungan Pemkot Surabaya. Menyimak kondisi ini sangat menarik untuk diungkap tentang eksistensi mereka dalam kerja birokrasi dan tanggungjawab yang dicmbannya dalam konteks gcnder. Oalam penelitian ini digllnakan l11etode pcnelitian kualitatif dcngan tlllc'k description yang bcrupa studi kasus, untllk dapat mcngungkap makllu karier bagi mcreka, dipergunakan teori karier dan perencanaan karier untuk mengetahui nitai perencanaan karier bagi mereka serta adanya motivasi terhadap kariernya. Pengumplilan data dilakukan melallii observasi, wawancara mendalam, dan dokumen-dokumen Pemkot. Kemudian diana lis dengan memakai teknik triangulasi. Analisis bcrpusat pad a makna karier dalam hubungannya dengan kerja organisasi dan keillarga serta motivasi karier dan perencanaan karier. Komponen analisis yaitu reduksi data, saj ian data dan penarikan kesimpulan dianalisis secara interaktit: dan analisis analisis data tersebut dilakukan secara bersamaan pada setlap tahap pengumplllan data. Hasil penelitian menemukan bahwa makna karier bagi pegawai perempuan adalah mcncakup pemenuhan terhadap kepuasan kerja bagi mereka termasuk didalarnnya adalah tentang persepsi dari pegawai tentang pekerjaannya dalam I11cmberikan nilai bagi citra diri dan pekerjaannya serta adanya prestise, status dan kanaikan dalam jenjang pekerjaannya. Oi sini makna karier bagi pegawai perempuan meliputi perubahan nilai-nilai dan sikap terhadap tugas dan tanggungjawab pekerjaan, sikap positif karier menunjang terhadap pelaksaan pekerjaannya dan memiliki implikasi positif pada kem~iuan karier. Oisamping itu dalam memandang konsepsi gender, tidak terdapat adanya konn d~ pcran antara tugas-tugas yang dilaksanakan baik dalam kerja di birokrasi maupun dalam keluarga. Sementara percncanaan karier tidak bisa dilakukan namun hanya sebatas untuk rneningkatkan kualitas dalam pekerjaan. Perencanaan untuk menelltukan jalur-jalur karier tidak bisa dilakukan oleh pegawai karena penentuan tersebllt adalah sepenuhnya berada di tangan para pemegang kebijakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis An 25-02 Isw g
Uncontrolled Keywords: GENDER IN THE BUREAUCRACY
Subjects: J Political Science
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
ISWANTI, 079715576UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDAntun Mardiyanta, Drs. , MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 15 Dec 2016 01:47
Last Modified: 15 Dec 2016 01:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49319
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item