ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN ATAS ATRIBUT APOTEK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG PADA APOTEK KlMIA FARMA DI KOTAMADYA SURABAYA

RADIX GUNARTA WICAKSANA, 049711585 E (2002) ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN ATAS ATRIBUT APOTEK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG PADA APOTEK KlMIA FARMA DI KOTAMADYA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KK B 98-03 WIC A.pdf

Download (103kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah atribut apotek berpengaruh terhadap keputusan pembelian ulang. Obyek penelitian ini adalah konsumen apotek Kima Farma di Kotamadya Surabaya. Variable bebas yang digunakan dalam penelitian ini ada lima, yaitu: kelengkapan, harga, lokasi, pelayanan, dan bukti Fisik. Sedangkan variable tergantung yang digunakan adalah keputusan pembelian ulang. Jutnlah kuisioner yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 330 buah kuisioner. Untuk menguji validitas alat ukur digunakan Pearson Product Moment, sedangkan untuk menguji reliabilitas digunakan Alpha Cronbach. Model analisis regresi linier berganda yang dihasilkan dari hasil penelitian adalah :Y = -2,375 + 0,332.x1 + O,157.Xl + O,299,Xl + O,521.~ + 0,312.Xs Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,832 yang berarti hubungan antara variabel-variabel bebas yang terdiri daTi kelengkapan (X]), harga (X2). lokasi (Xl), pelayanan (Xt) dan bukti fisik (X,) terhadap variabel terikat yaitu pembelian ulang (Y) adalah positif dan sangat erat. Tanda positif artinya adalah variabel bebas tersebut memiliki hubungan yang searab dengan variabel terikatnya, maksudnya jika nilai atribut apotek Kimia Farma meningkat atau ditingkatkan maka akan mendorong peningkatan pembelian ulang (Y) di Apotek Kimia Farma. Sedangkan nilai koefisien determinasi majemuk (R2) yang pada tabel di atas ditunjukkan pada kolom R.qunre adalah sebesar 0,692 atau 69,2%. Jadi perubahan atau variasi yang terjadi pada variabel terikat yaitu pembelian ulang (Y) 69,2%nya dipengaruhi atau dapat dijelaskan oleh perubahan atau variasi yang telj adi pada variabel-variabel bebas pada model penelitian ini. Sedangkan sisanya sebesar 30,8% dipengaruhi oleh variabellain di luar model penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa kelengkapan, harga, lokasi, pelayanan, dan bukti fisik mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada apotek Kimia Farma di Kotamadya Surabaya. Apabila persepsi atas atribut apotek menurun, maka pembelian ulang juga akan menurun, begitu juga sebaliknya, apabila persepsi atas atribut apotek meningkat maka pembelian ulang juga akan meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 98/03 Wic a
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4301-4480.9 Trust services. Trust companies
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
RADIX GUNARTA WICAKSANA, 049711585 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSRI HARTINI, SE., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 15 Dec 2016 18:14
Last Modified: 19 Jun 2017 21:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49338
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item