PENERAPAN AKUNTANSI TlNGKAl HARGA UMUM PADA LAPORAN KEUANGAN KONVENSIONAL SEBAGAI INFORMASI TAMBAHAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA PI PUSPETINDO GRESIK

YUDHI KRISTIARTO, 049916517 (2003) PENERAPAN AKUNTANSI TlNGKAl HARGA UMUM PADA LAPORAN KEUANGAN KONVENSIONAL SEBAGAI INFORMASI TAMBAHAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA PI PUSPETINDO GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KK A 277-04 KRI P-EDT.pdf

Download (130kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Laporan keuangan konvensional perusabaan disusun berdasarkan historical cost yang mengasumsikan satuan moneter adalah stab!l sedangkan pada kenyataannya tingkat harga umum eenderung mengalam! kenalkan atau te.!pdl inflasi sehingga mengakibatkan informasi dari laporan keuangan konvenslonal menjadi kura~g relevan karena kurang mencerminkan konsisi perusahaan saat ini, dan perubahan harga yang teIjadi mengakibatkan nilai nominal akun-akun dalam laporan keuangan historis mencerminkan daya beli mata uang yang berbeda-beda yang bisa mengakibatkan terjadinya kesimpulan yang kurang tepat dalarn analisis perbandingan laporan keuangan. Akuntansi tingkat harga umum merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam memecahkan masalah perubahan tingkat harga. Penerapan akuntansi tingkat harga umum pada laporan keuangan konvensioanl perusahaan akan memberi informasi tambahan mengenai kondisi keuangan perusabaan dipandang dari sudaut perubahan tingkat harga umurn yang teIjadi sast ini dan menyajikan nilai akun-akun dalam laporan keuangan berdasarkan daya beli uang yang sarna. Penelitian ini dilakukan pada PT Puspetindo Gresik, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang rekayasa dan produksi mesin-mesin dan peralatanperalatan pabrik, dengan pendekatan kualitatif rnenggunakan rnetode studi kasus. Penelitian ini bertuj uan untuk mengetahui bagaimana penerapan akuntansi tingkat harga umurn sebagai informasi tambahan dalam pengambilan keputusan. Hal ini dilakukan dengan membandingkan nitai rasio keuangan sebelum dan sesudah disesuaikan dengan nitai rasio indeks harga umum sebagai faktor konversi dalam akuntansi tingkat harga urnum. Dari hasil perbandingan rasio keuangan yang dilakukan, tampak bahwa terdapat beberapa rasio yang tidak menunj ukkan perbedaan yang signifikan tapi terdapat beberapa rasio rnenunjukkkan perbedaan yang signifikan. Penerapan akuntansi tingkat harga umum bukan dimaksudkan untuk mengganti laporan keuangan historis tapi sebagai informasi tambahan yang menjadi dasar pertimbangan dalarn pengarnbilan keputusan ekonomi dan bisnis bagi pihak yang berkepentingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 277/04 Kri p
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
YUDHI KRISTIARTO, 049916517UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantSoegeng Soetedjo, Dr., SE., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 15 Dec 2016 19:58
Last Modified: 19 Jun 2017 21:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49339
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item