PERJANJIAN PENETAPAN HARGA, KARTEL DAN PENGUASAAN PASAR OLEH ASOSIASI BISNIS (TRADE ASSOCIATION) DALAM INDUSTRI BAN KENDARAAN BERMOTOR DAN PERDAGANGAN SAPI IMPOR WILAYAH JABODETABEK

TRINAH ASI ISLAMI, S.H, 031424153007 (2016) PERJANJIAN PENETAPAN HARGA, KARTEL DAN PENGUASAAN PASAR OLEH ASOSIASI BISNIS (TRADE ASSOCIATION) DALAM INDUSTRI BAN KENDARAAN BERMOTOR DAN PERDAGANGAN SAPI IMPOR WILAYAH JABODETABEK. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text (full text)
Tesis Trinah Asi Islami.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Asosiasi bisnis (trade association) sebagai wadah pelatihan, komunikasi antar pelaku usaha maupun pemerintah untuk melaksanakan peluang bisnis, mencari peluang pasar baru, sumber informasi, dan menetapkan standar regulasi industri, dan menetapkan aturan atau perjanjian dalam bisnis. Pembentukan asosiasi berorientasi pada kerjasama diantara anggotanya. Namun, keberadaan asosiasi disalahgunakan oleh pelaku usaha untuk memfasilitasi kegiatannya yang mengandung praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat untuk menyembunyikan indikasi tersebut terhadap Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). KPPU merupakan lembaga independen yang memiliki kewenangan meliputi penyidikan, penuntutan, konsultasi, memeriksa, mengadili dan memutus perkara di bidang hukum persaingan usaha. Pelanggaran yang seringkali melibatkan asosiasi adalah kartel, dengan kartel dapat mengakibatkan terjadinya penetapan harga suatu produk dan penguasaan pasar yang tujuan akhirnya adalah kenaikan harga suatu produk. Metode pendekatan masalah terdiri dari pendekatan perundang-undangan (statute approach), pendekatan konseptual (conseptual approach), dan pendekatan kasus (case approach). Penelitian ini menganalisis tentang perjanjian penetapan harga, kartel dan penguasaan pasar dalam industri ban kendaraan bermotor dan perdagangan sapi impor wilayah Jabodetabek dengan menggunakan pendekatan yuridis yang terdiri atas per se illegal dan rule of reason dan didukung dengan pendekatan ekonomi untuk mengetahui indikasi pelanggaran tersebut.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TH 55/16 Isl p
Uncontrolled Keywords: Perjanjian Penetapan Harga, Kartel, Penguasaan Pasar, Per Se Illegal, Rule of Reason
Subjects: K Law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsEmail
TRINAH ASI ISLAMI, S.H, 031424153007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSINAR AYU WULANDARI, S.H.,M.HUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 15 Dec 2016 23:22
Last Modified: 15 Dec 2016 23:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49373
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item