KEBIJAKAN IJIN TRAYEK ANGKUTAN UMUM PERKOTAAN (STUDI IMPLEMENTASI TENTANG KEBIJAKAN IJIN TRAYEK ANGKUTAN UMUM PERKOTAAN SURABAYA)

SITI SOLIKHAH NUR AKHlRIL, 079615020 (2002) KEBIJAKAN IJIN TRAYEK ANGKUTAN UMUM PERKOTAAN (STUDI IMPLEMENTASI TENTANG KEBIJAKAN IJIN TRAYEK ANGKUTAN UMUM PERKOTAAN SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis AN 26-02.akh k.pdf

Download (173kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan "bagaimana implementasi kebijakan ijin trayek angkutan umum perkotaan di Surabaya serta faktor-faktor apa yang mempengaruhi implementasi tersebut". Hal in; didasarkan pada fenomena empiris bahwa implementasi kebijakan ijin trayek di Surabaya belum optimal, tidak komprehensif dan banyak terjadi benturan-beturan dilapangan. Karena itu penelitian ini adalah untuk menggambarkan implementasi kebijakan penataan PKL dan faktorfaktor yang mempengaruhi dalam implementasinya.· Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi serta penggunaan dokumen sebagai sumber data sekunder. Wawancan secara langsung dilakukan terhadap 24 informan dengan teknik pengambilan sampel purposive, yakni atas dasar apa yang diketahui tentang variasi serta elemen yang ada, yang terkait dengari implementasi kebijakan ijin trayek di Surabaya. Observasi dilakukan terhadap sikap/komitmen pelaksana dalam melaksanakan tugasnya, serta respon para pengemudi dan pemilik Iyn terhadap kebijakan ijin trayek itu sendiri. Penggunaan dokumen dilakukan untuk memperoleh data-data tentang jumlah Iyn dan trayeknya serta yang berkaitan regulasi dan perijinan. Untuk memeriksa keabsal1an data digunakan triangulasi sumber data dengan membandingkan hasil wawancara, hasH pengamatan, dan dokumen yang ada. Analisis data dilakukan dengan analisa data kualitatif dan beberapa tabel frekuensi, karena data yang diperoleh adalah berupa kata-kata yang berkisar pada data kualitatif dan hasil kuesioner yang dibagikan pada 16 informan di dua lokasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan ijin trayek angkutan umum perkotaan di Surabaya belum berjalan secara optimal. Hal tersebut dilihat dari sampel penelitian, yaitu pada lyn IM,P, 0 dan G dimana masih banyak ditemui penyimpangan-peryimpangan baik pada pengurusan ijin maupun pelaksanaan nya. Hasil identifikasi masalah melalui variabel penelitian yang mengacu pada pendapat Edward, yang meyakini ada empat faktor yang mempengaruhi implementasi, yaitu stuktur birokasi, sumber daya, komunikasi, dan sikap pelaksana serta dukungan kelompok sasaran yang mengadopsi pendapat Grindle tentang kepentingan yang dipengaruhi di'm tipe manfaat yang diperoleh, menunjukkan bahwa masih banyak kekurangan dan kelemahan dalam implementasi kebijakan ijin trayek di Surabaya. Hambatan yang utama adalah tidak adanya koordinasi akibat kurangnya komunikasi yang terjalin antar aparat pelaksana dan kelompok sasaran. Selain itu tidak adanya sanksi yang memberatkan, prosedur pengurusan yang penuh dengan kolusi menyebabkan para pemilik kendaraan sekaligus pengemudi merasa enggan untuk mengurus ;jin trayek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis An 26-02 Akh k
Uncontrolled Keywords: TRANSPORTATION
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SITI SOLIKHAH NUR AKHlRIL, 079615020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
UNSPECIFIEDRoestoto, Drs. HPUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 18 Dec 2016 20:20
Last Modified: 18 Dec 2016 20:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49452
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item