EVALUASI PENGENDALIAN BIAYA AKUNTANSI SUMBER DAYA MANUSIA GUNA MBNDORONG PBNINGKATAN EPISIENSI BIAYAPRODUKSI PADA PT."X" DI MADURA

HERCHY CRISTIANA, 049912730 / E (2004) EVALUASI PENGENDALIAN BIAYA AKUNTANSI SUMBER DAYA MANUSIA GUNA MBNDORONG PBNINGKATAN EPISIENSI BIAYAPRODUKSI PADA PT."X" DI MADURA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 281 04 Cri e-EDT.pdf

Download (374kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keadaan perekonomian yang masih beJwn stabil saat ioi membuat situasi dWlia usaha di Indonesia mengalami kemerosotan yang mengakibatkan perekonomian menjadi agak lesu. Keadaan ini mendorong setiap pengusaha Wltuk bersaing ketat, agar kelangsullgan hidup perusaluuUl terjamill. Swnber daya manusia memiliki peranan yang paling menentukan jika dibanding dengan swnber lainnya, seperti sumber daya alam, modal atau uang. Untuk menghasilkan sumber daya yang bennutu tinggi dan pengelolaan yang baik hererti terhadapsumber itu hams dilakukan perencanaan, pengadaan, pemelibaraan, pembinaan, pengembangan, pemuasan dan pemanfaatan yang sebaik-baiknya. Pengelolaan yangbaikterbadap SDM sangat menentukan keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapaiproduktifitas dan keuntWlgan yang tinggLPelaporan danpengendalian biaya aktmtansi swnber daya manusia merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan perusahaan untuk meningkatkan efisiensibiaya produksi. Dengan bertitik tolak pada pentingnya pengendalian biaya akuntansi sllmber daya .manusia yang memadai, guna mendorong peningkatan efisiensi maka penulis ingin meneliti dengan judul "evcduasi pengendaJian biaya akuntansi suniber daya manllSia guna mendorong peniugkatan efisiensi biaya produksi pada PT. "X" di Madura" Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang menggunakan studi kasus dalam menjawab rumusan masalah. Data-data dalam melakukan studt kasus ini diperoleh dati PT."X" yang berupa neraca, laporan laba rugi dan laporan penduknng lainnya serta wawancara dan observasi. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa periakuan akuntansi perusahaan atas biaya SDM adalah tepat banya peranan akuntansi biaya SDM didalam perencanaan dan pengendalian belum maksimal, hal ini ditunjukkan oleh masih Iebih besarnya nilai realisasi dibandingkan dengan anggaran,. bahkan biaya penerimaan pegawai tidak dianggarkan namun terjadi. Biaya produksi yang ada sudah efisien karena produksi yang dilakukan PT."X" meningkat sedangkan biaya produksi yang di.1celuarkan menurun. Untuk Iebih mendorong peningkatan efisiensi biaya produksi mw perusahaan barns terus melakukan pengendalian terhadap biaya-biaya SDM selli.qgga dapat lebib mendorOl~g.penin.gkatan efisiensi biaya produksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 281/04 Cri e
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
HERCHY CRISTIANA, 049912730 / EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantSRI ISWATI, Dra. HJ. SE, M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 18 Dec 2016 20:27
Last Modified: 18 Dec 2016 20:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49456
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item