ASPEK PERILAKU PADA EVALUASI KINERJA MANAJER DENGAN MENGGUNAKAN INFORMASI AKUNTANSI (STUDI KASUS PADA PT INDONESIA POWER UNIT BISNIS PEMBANGKITAN MRICA)

YUNI RAHMAWATI, 040016765 (2004) ASPEK PERILAKU PADA EVALUASI KINERJA MANAJER DENGAN MENGGUNAKAN INFORMASI AKUNTANSI (STUDI KASUS PADA PT INDONESIA POWER UNIT BISNIS PEMBANGKITAN MRICA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 285 04 Rah a-EDT.pdf

Download (377kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perilaku dan kinerja manajer telah mengundang serangkaian perdabatan yang mendorong para peneliti untuk melakukan penelitian lebih lanjut di bidang ini. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui persepsi dan perilaku manajer bawahan (supervisor senior) yang muncul ketika kinerjanya dievaluasi dengan menggunakan informasi akuntansi. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran lebih jelas dalam analisis terhadap perilaku khususnya bagi manajemen perusahaan maupun bagi studi akuntansi keperilakuan pada umumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pengamatan langsung atau observasi dilakukan di Departemen Operasi dan Niaga pacta PT Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan Mrica. Dokumen yang diperoleh berupa dokumen umum mengenai perusahaan okumen khusus yang terkait dengan objek penelitian. Wawancara dilakukan kepada Supervisor senior (SPS) Pengendali Niaga, Manajer Operasi dan Niaga, serta Manajer Sistem dan SDM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cara penggunaan informasi akuntansi secara fleksibel dalam sistem penilaian kinerja tidak menimbulkan persepsi yang buruk dalam diri SPS dan tidak menyebabkan terjadinya penyimpangan perilaku pacta SPS. Hal ini tercermin pada cara SPS yang menyikapi adanya rencana keIja dan anggaran (RKA) serta target kinerja secara positif, hubungan yang harmonis antara SPS dengan atasannya maupun dengan rekan kerjanya, serta tidak ditemukannya indikasi kecenderungan SPS untuk memanipulais data akuntansi. Sistem penHaian kinerja yang didasarkan pacta penilaian terhadap indikator potensi dan performance ternyata lebih disukai oleh SPS. Adanya kemungkinan terjadinya subjektivitas penilaian sebagai konsekuensi penggunaan informasi akuntansi secara fleksibel tidak menyebabkan SPS memiliki persepsi yang buruk terhadap atasannya. Demikian pula, adanya kebijakan penetapan kuota tidak berpengaruh pada hubungan SPS denagn rekan kerjanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 285/04 Rah a
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
YUNI RAHMAWATI, 040016765UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantH. BASUKI, Drs. M.Com. PhD., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 18 Dec 2016 20:54
Last Modified: 18 Dec 2016 20:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49460
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item