UPAYA PENGIMPLEMENTASIAN STRATEGI PERUSAHAAN DALAM MODEL BALANCED SCORECARD UNTUK MENCAPAI MARKET LEADER PADA MANDARIN ORIENTAL HOTEL MAJAPAHIT SURABAY A

DESSY KENCANA WIDI, 049816152 (2004) UPAYA PENGIMPLEMENTASIAN STRATEGI PERUSAHAAN DALAM MODEL BALANCED SCORECARD UNTUK MENCAPAI MARKET LEADER PADA MANDARIN ORIENTAL HOTEL MAJAPAHIT SURABAY A. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 288 04 Wid u-EDT.pdf

Download (367kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dunia perhotelan yang semakin marak di Indonesia, mendorong bisnis perhotelan semakin ketat persaingannya. Hotel-hotel bintang lima, seperti Mandarin Oriental, Hotel Majapahit Surabaya selalu berkompetitif dengan para pesaingnya. Untuk memiliki keunggulan bersaing, perusahaan berusaha menerapkan visi dan misinya dalam stategi-strategi yang kompleks dari tahun ke tahun. Strategi inilah yang akan membawa perusahaan ke keuntungan perusahaan dalam bidang financial. Namun, strategi yang diterapkan perusahaan bukan hanya untuk tujuan financial saja, melainkan untuk tujuan jangka panjang, dimana bisnis hotel ini dapat bertahan dalam kondisi sesulit apapun. Upaya penerapan strategi perusahaan secara departemental, tidak mencenninkan kineIja perusahaan secara keseluruhan. Karena itu, diperlukan upaya untuk mengimplementasikan strategi perusahaan ke dalam model balanced scorecard yang terdiri dari 4 perspektif, yaitu perspektif keuangan, pelanggan, bisnis lntenal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Sebelum memasukkan strategi ke dalam balanced scorecard, aktivitas kunci perusahaan (critical success factors) diteliti lebih fokus kondisinya dan dimasukkan ke dalam model balanced scorecard. Melalui konsep balanced scorecard, strategi perusahaan diharapkan akan lebih terfokus dan lebih mudah dalam menilai kineIja perusahaan. Dalam keseluruhan perspektif dalam balanced scorecard, aktivitas penyampaian produk/jasa Mandarin Oriental, Hotel Majapahit Surabaya kepada pelanggan dilakukan dengan proses bisnis perhotelan yang dijalankan perusahaan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Melalui sumber daya manusia, ~ystem dan prosedur organisasi yang telah dilatih oleh perusahaan, produk/jasa dapat menghasilkan benefit bagi perusahaan, dalam bentuk keuntungan finansial bagi perusahaan, yang disebut dengan profit perusahaan dan laporannya dinamakan financial statement. Dalam laporannya tercermin seluruh kineIja perusahaan sehingga dapat dilakukan aktivitas perbaikan atau peningkatan terhadap operasional perusahaan. Strategi perusahaan di setiap perspektif merupakan kunci utama dalam kesuksesan bisnis perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 288/04 Wid u
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
DESSY KENCANA WIDI, 049816152UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantERINA SUDARYATI, Dra. Msi. AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 18 Dec 2016 22:16
Last Modified: 18 Dec 2016 22:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49472
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item