PENERAPAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENILAI EFEKTIVITAS AKTIVITAS PlNGENDALIAN ATAS PENJUALAN KREDIT PADA PT. SAFARI MEGAH DI SURABAYA

DIANA PUSPITASARI, 049912911 E (2004) PENERAPAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENILAI EFEKTIVITAS AKTIVITAS PlNGENDALIAN ATAS PENJUALAN KREDIT PADA PT. SAFARI MEGAH DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 316-04 PUS P-EDT.pdf

Download (365kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Semakin banyaknya perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha yang sama mengakibatkan timbulnya berbagai macam persaingan. Di dalam era globalisasi saat ini, persaingan menjadi lebih ketat lagi. Keadaan perekonomian dunia selalu berubah dan khususnya Indonesia yang belwn pulih setelah mengalami krisis moneter, membuat banyak perusahaan mengalami kerugian bahkan gulung tikar. Oleh karena itu perusahaan dituntut untuk bisa lebih bersaing dengan cara yang sehat, yang salah satunya dengan adanya aktivitas pengendalian yang memadai, sehingga perusahaan mengetahui letak kelemahan dan kelebihannya. Disisi yang lain penjualan memegang peranan sangat penting dalam aktivitas perusahaan, dan diharapkan mampu memberikan dukungan penuh dalam meningkatkan pendapatan perusahaan. Agar fungsi penjualan kredit mampu mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan, maka manajemen memerlukan suatu alat yang mampu menilai efektivitas aktivitas pengendalian pada penjualan kredit yang memadai dan diharapkan mampu memperbaiki kineIja perusahaan dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam usaba mencapai tujuan perusahaan. Salah satu alat yang dapat digunakan untuk menilai aktivitas pengendalian pada fungsi penjualan kredit tersebut adalah audit operasionaI. Audit operasional, melalui tahap-tahap antara lain: tahap perencanaan, tahap audit program, tahap pekeIjaan lapangan, tahap pengembangan temuan audit, dan tahap pelaporan, dapat ditemukan kelemahan-kelemahan pada perusahaan khususnya aktivitas pengendalian atas penjualan kredit yaitu: pembagian wewenang tidak ada secara tertulis, tidak ada catatan mengenai potongan harga penjualan, adanya perangkapan fungsi kredit dengan fungsi penjualan. Dengan audit operasional kelemahan-kelemahan tersebut dapat ditindaklanjuti untuk perbaikan, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kineIja dan dapat mencapai tujuan perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 316/04 Pus p
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
DIANA PUSPITASARI, 049912911 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantAgus WIdodo, Dra. Msi. AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 18 Dec 2016 22:48
Last Modified: 18 Dec 2016 22:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49482
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item