STUDI KASUS PADA REMAJA PENYALAHGUNA OBAT YANG MENGALAMI KETIDAKHADIRAN FIGUR AYAH

ENDAH ROSIANI, 119710206 (2002) STUDI KASUS PADA REMAJA PENYALAHGUNA OBAT YANG MENGALAMI KETIDAKHADIRAN FIGUR AYAH. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PSI 13-02.ROS S.pdf

Download (191kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bermula dari semakin meningkatnya jumlah penyalahguna obat di Indonesia, dan kurangnya penelitian tentang peranan ayah. Dimana selama ini yang berkembang dalam masyarakat, peranan ayah hanya sebagai pencari nafkah dan bukan sebagai pengasuh anak. Penelitian sebelumnya menunjukkan remaja yang mengalarni ketidakhadiran figur ayah, memiliki kecenderungan yang lebih besar menjadi penyalahguna obat. Masa remaja yang merupakan masa pencarian identitas diri, bila mana remaja tidak berhasil menemukan jati dirinya maka remaja akan mengalami kekaburan peran. ldentitas diri terbentuk melalui identifikasi sejak masa kanak-kanak. Bila mana kedua orang tua dapat menjadi figur identifikasi anak-anaknya sam pal dengan anak-anaknya menginjak remaja, maka remaja akan mudah menemukan identitas dirinya. Sebaliknya'bila salah satu atau kedua orangtua tidak dapat menjadi figur identifikasi bagi anaknya maka remaja akan mengalami kekaburan peran, yang bisa menjurus pada perBaku menyalahgunakan obat. rungsi l.Iyah scbagai pcngajar kctrampilan problem solving, sangat dibutuhkan bagi anak-anaknya. Tujuan dilakukannnya penelitian ini ada dua yaitu (I) unluk Icbih memacu perkembangan penelitian terutama berkaitan dengan peranan ayah bagi perkembangan putra-putrinya yang selama ini masih kurang mendapatkan perhatian terutama di Indonesia, dan (2) untuk mengetahui sejauh mana pengaruh ketidakhadiran figur ayah perilaku menyalahgunakan obat pada remaja. Penelitian ini adalah studi kasus eksplanatoris. Variabel penelitian ini adalah ketidakhadiran figur ayah pada remaja penyalahguna obat. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kasus tungga1. Subyek penelitian dipilih berdasarkan kriteria tertentu menggunakan pendekatan purposif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode triangulasi. Dimana sumber bukti yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan tes psikologi (SSCT, BAUM,DAM, HTP) Analisis data adalah dalam bentuk pembuatan penjelasan, dimana tujuannya adalah membuat suatu penjelasan umum yang sesuai dengan masing-masing kasus. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa ketidakhadiran figur ayah pada remaja penyalahguna obat menyebabkan remaja tidak memiliki rasa percaya diri, kemarnpuan bersaing rendah, kesulitan memecahkan masalah karena tidak adanya figur model bagi remaja yang membimbingnya ketika belajar menyelesaikan masalah, kurangnya kreativitas dalarn menyelesaikan masalah dan cenderung menyelesaikan masalah secara impulsif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI 13/02 Ros s
Uncontrolled Keywords: DRUG ABUSE
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV5800-5840 Drug habits. Drug abuse
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
ENDAH ROSIANI, 119710206UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDewi Retno Suminar, Dra., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 19 Dec 2016 00:54
Last Modified: 21 Jun 2017 19:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49505
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item