STUDI HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KEMATANGAN EMOSI DAN KEMATANGAN KEPRIBADIAN DENGAN PlLIHAN MEMBELI PRODUK TIDAK MERUSAK LINGKUNGAN DARI PERUSAHAAN THE BODY SHOP

HARI MARTANA WIBOWO, 119510100 (2000) STUDI HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KEMATANGAN EMOSI DAN KEMATANGAN KEPRIBADIAN DENGAN PlLIHAN MEMBELI PRODUK TIDAK MERUSAK LINGKUNGAN DARI PERUSAHAAN THE BODY SHOP. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Psi 14-00.Wib s.pdf

Download (153kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

)?enelitian ini mencoba untuk melihat sejauh mana pengaruh danieinosydan k~priba?ia!ll, pada tamf yang bisa dikatakan matang~ dalam mengontrot-1il1&kan kimsumen daIam membeh produk. Dalam hal Illl kematangan emOSl dan kepribadian diharapkan memberikan andil dalam proses penentuan piliban untuk membeli produk, yaitu produk tersebut tidak merusak merusak lingkungan. Dari dasar tersebut maka penelitian ini membuat hipotesa guna menjadi pijakan untuk melakukan penelitian ini, yaitu "terdapat pengaruh yang signifikan antara kematangan emosi dan kematangan kepribadian terhadap pilihan produk tidak merusak lingkungan". Produk tidak merusak lingkungan pada penelitian ini memfokuskan pada produk perusahaan The Body Shop karena produk tersebut memenuhi kriteria sebagi produk yang tidak merusak lingkungan dengan jumlah konsumen yang relatif banyak dengan tempat penjualan produk yang tersebar dibeberapa tempat di Surabaya. Penelitian ini termasuk dalam tipe penelitian Explanatory, dengan variabel penelitian yang terdiri atas : kematangan emosi (Xl) dan kematangan kepribadian (X!) sebagai variabel bebas nya, sedangkan variabel terikatnya (Y) ada1ah pilihan membeli produk tidak meru..<;ak lingkungan. Dengan melakukan kontrol pada jenis kelamin, usia, pendidikan dan sosial ekonomi dari responden yang dituju, diharapkan kontrol tersebut mampu meminimalisir bias yang akan terjadi. Metode yang digunakan untuk pengambilan sample pada penelitian ini adalah purposif sampling. Sedangkan metode pengumpulan datanya adalah dengan kuesioner yang nantinya dianalisis dengan menggunakan analisis regresi dan analisis korelasi parsial dan program SPS Sutrisno HadL Dari hasil penelitian didapatkan data yang setelah diolah menunjukkan bahwa pengarub dari variabel X, kematangan emosi dan kematangan kepribadian, terhadap variahel Y adalah sangat signifikan dengan nHai p = >0,001 dengan bobot nilai F sebesar 16,748. HasH ini menunjukkan bahwa hipotesa altematif pada penelitian ini diterima, sedangkan hipotesa nihilnya ditolak. Persamaan garis regresi yang didapatkan dan hasil analisis regtesi dengan program SPS adalah Y= 33,575180 0,090614 Xl + 0,721247 X!. Melibat perhitungan basil analisis dengan korelasi parsial tampak babwa korelasi alltara variavel Xl tidak signifikan, dengan nilai sebesar 0, 336 bahwa hipotesa nihil kedua yang menyatakan bahwa "tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kematangan emosi terhadap pilihan membeli produk tidak merusak lingkungan dari perusahaan The Body Shop" diterima. Sedangkan korelsi X! dengan variabel Y sangat signifikan yaitu dengan nilai p<0,001.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI 14/00 Wib s
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR, PERSONALITY AND EMOTIONS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
HARI MARTANA WIBOWO, 119510100UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorM.M.W. TAIRAS, Dr., MA., MBAUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 19 Dec 2016 01:01
Last Modified: 21 Jun 2017 19:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49508
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item