DAMPAK PENAYANGAN FILM KARTUN DI TELEVISI TERHADAP MINAT BACA PADA ANAK SEKOLAH DASAR ( Studi Deskriptif Terhadap Perilaku Membaca Anak di SD Muhammadiyah 18 Surabaya )

Ellif Nurfiana, 079911821 T (2002) DAMPAK PENAYANGAN FILM KARTUN DI TELEVISI TERHADAP MINAT BACA PADA ANAK SEKOLAH DASAR ( Studi Deskriptif Terhadap Perilaku Membaca Anak di SD Muhammadiyah 18 Surabaya ). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
TP 10-02 Nur d.pdf

Download (575kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu tujuan adanya inovasi di era globlalisasi, adalah untuk mempennudah sekaligus merubah kehidupam manusia. Televisi sebagai media infonnasi yang sudah merakyat baik di negara maju maupun di negara berkembang merupakan bukan suatu hal yang barang mewah. Berbagai acara yang menarik dan menghibur dapat disuguhkan dengan baik oleh pihak pertelevisian lUltuk meraih penonton yang sebanyak-banyaknya Sasaran televisi tidak hanya di tujukan tmtuk orang dewasa melainkan juga untuk anak-anak dengan menampilkan berbagai aearn film dan cerita anakanak. Film kart un memiliki kekhasan tersendiri karen a dibutuhkan day a imajinasi dan kreativitas oleh pelukis dengan dukungan teknologi yang can ggi h, sehingga dapat menampilkan animasi yang sempuma. Dunia anak dimasa pertumbuhan antara usia 6 -12 tahun sudah mengenal akan simbol-simbol gambar, mampu menangkap realitas secara logis, berintuitif, berenlOsi serta berimajinasi denganbaik bila diasah. Motivasi dan manfaat menonton film kartun terhadap anak dapat menjadikan faktor pendorong untuk meningkatkan minat baca. Keinginan untuk membaca komiknya agar mengetahui acara-aeara selanjutnya, merupakan dampak yang positif yang harus diperhatikan dan terns digali, oleh keluarga sebagai peran utama agar ketertatikan membaca anak lebih beraneka ragam bacaan sehingga adanya keinginan untuk per!:,rl ke toko buku dan perpustakaan semakin besar dalam menambah wawasan. Peran sekolall dan masyarakat sekitar, dalam hal ini di pihak pertelevisian juga perlu di perhatikan, tanpa adanya salah satu keljasama dan dukungan dari ketiga fak10r terebut maka dapat menghambat anak untuk peningkatan kebiasaan membaca dan hanya gemar menonton televisi. Tujuan dati penelitian ini memberikan gambaran hubungan antara perilaku kegemaran anak dalam menonton film kartun di televisi dengan pengaruh gemar membaca pada anak sekolah dasar. Karena setiap media infonnasi baik cetak maupun non cetak apabila tidak dikontrol dan disaring dengan benar maka dapat menimbulkan hal yang kurang baik pula. Untuk itu pendampingan dalam pengawasan keluarga menjadi hal yang penting dalam pembentukan perilaku anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: MINAT BACA, LIBRARIES
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Teknisi Perpustakaan (D3)
Creators:
CreatorsNIM
Ellif Nurfiana, 079911821 TUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 19 Dec 2016 17:58
Last Modified: 24 Jun 2019 03:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49533
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item