HUBUNGAN DUKUNGAN SEBAYA TERHADAP RESPONS PSIKOLOGIS (DEPRESI) PADA IBU DENGAN HIV DI KELOMPOK DUKUNGAN SEBAYA NETRAL PLUS KOTA MALANG

Praditya Surya Pratama, 131111107 (2015) HUBUNGAN DUKUNGAN SEBAYA TERHADAP RESPONS PSIKOLOGIS (DEPRESI) PADA IBU DENGAN HIV DI KELOMPOK DUKUNGAN SEBAYA NETRAL PLUS KOTA MALANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FKP. N. 176-16 Pra h abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FKP. N. 176-16 Pra h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan:Kasus depresi pada penderita HIV/AIDS ini diperkirakan memiliki frekuensi mencapai 60% dari total kasus depresi yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan dukungan sebaya dengan respons psikologis (depresi).Metode:Desain dari penelitian ini deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah Ibu dengan HIV di Kelompok Dukungan Sebaya Netral Plus kota Malang. Total sampel sebanyak 20 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Variabel independen penelitian ini adalah dukungan sebaya yang berupa dukungan emosional, dukungan informasi dan dukungan jaringan sosial. Sedangkan variabel dependen adalah respons psikologis (depresi). Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan uji statistik spearman’s rho dengan tingkat kemaknaan p<0,05. Hasil dan analisis: Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar responden mengalami depresi ringan (55%) dan mendapatkan dukungan sebaya (60%), emosional (60%), informasi (70%) dan jaringan sosial (50%) dengan baik. Pada analisis korelasi didapatkan ada hubungan antara dukungan sebaya, emosional, informasi dan jaringan sosial dengan respons psikologis (depresi) pada ibu dengan HIV (p=0,001, p=0,023, p=0,023, p=0,024). Diskusi: Semakin baik dukungan sebaya maka semakin ringan respon psikologis (depresi) pada ibu dengan HIV di Kelompok Dukungan Sebaya Netral Plus kota Malang. Peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti faktor-faktor perancu yang dapat mempengaruhi dukungan sebaya terhadap respons psikologis (depresi) pada ibu dengan HIV seperti usia, pekerjaan, lama terinfeksi, status perkawinan, pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK GKP N 176-16 Pra h
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sebaya, Ibu, HIV/AIDS, Depresi
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
Praditya Surya Pratama, 131111107UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPurwaningsih, S.Kp., M.KesUNSPECIFIED
ContributorRetnayu Pradanie, S.Kep.,Ns.,M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 19 Dec 2016 18:17
Last Modified: 22 Mar 2018 01:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49542
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item