LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA

SRI WAHYUNI, 070211159-T and VIKCINIA ATIKA, 070211173-T (2005) LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TP 11-05 Wah l.pdf

Download (709kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penempatan lokasi perpustakaan di 3 (tiga) kampus membuat perbedaaan jumlah pengunjung setiap harinya pada masing -masing lokasi. Menurut pengamatan kami Perpustakaan Kampus C paling sedikit pengunjungnya di banding dengan kampus A. dan B. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti jarak antara perpustakaan dengan fakultas cukup jauh, sehingga secara akomodasi tidak mudah dijangkau oleh pengguna. Di samping itu, faktor kenyamanan dalam perpustakaan tidak cukup memenuhi syarat, karenanya dapat dipahami bila mahasiswa enggan berkunjung ke Perpustakaan Kampus C. Perpustakaan Universitas Airlangga dalam kapasitasnya sebagai perpustakaan perguruan tinggi negeri memiliki kelebihan dan kekurangan, tetapi dalam pelaksanaannya secara keseluruhan nampak upaya untuk mengelola dan mendukung layanan pengguna dengan baik. Hal ini terlihat pada setiap bagian yang saw sarna lain saling terkait dalam jalinan kerja sarna, dimana arahnya selalu ditujukan pada upaya pemenuhan kebutuhan pengguna (segi koleksi dan layanan). Pada segi administrasi, kerapian tata administrasi nampak cukup tertata dengan baik, hal ini karena dukungan dari juklak yang memberi arahan kerja pada bagian administrasi. Segi pengadaan, karena adanya keterbatasan dana dan karenanya perlu adanya pembagian secara prosentase, maka hal ini cukup wajar dan kebijakan yang sangat bijaksana. Dan segi pengolahan, penulis menyimpulkan pekerjaan semakin efektif dan efisien dengan melibatkan perangkat komputer, dimana hal ini juga sangat diperlukan dalam menjaIankan program otomasi perpustakaan. T erakhir dari segi layanan dapat disimpulkan, adanya sistem terbuka dan tertutup pada masing-masing bidang layanan tersebut ditujukan untuk memberikan yang tepat bagi penggunanya. Pada bakikatnya apa yang telah dilakukan oleh pihak perpustakaan, baik itu berwujud aturan/kebijakan ataupun program, seluruhnya didasarkan dan ditujukan untuk kepentingan pengguna. Karenanya pengguna merupakan unsur penting yang dipertimbangankan ketika perpustakaan membuat ataupun melaksanakan suatu program atau kebijakannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: LIBRARIES
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Teknisi Perpustakaan (D3)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SRI WAHYUNI, 070211159-TUNSPECIFIED
VIKCINIA ATIKA, 070211173-TUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorKOKO SRIMULYO, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 19 Dec 2016 18:29
Last Modified: 06 Jun 2017 17:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49546
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item