EFEKTIVITAS INTERVENSI KETERAMPILAN SELF-REGULATED LEARNING (SRL) DAN TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN

QUMAIRY LUTFIYAH, 131111014 (2015) EFEKTIVITAS INTERVENSI KETERAMPILAN SELF-REGULATED LEARNING (SRL) DAN TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP. N. 178-16 Lut e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mahasiswa seringkali mengalami penurunan hasil belajar karena strategi belajar yang tidak efektif. Keterampilan Self-Regulated Learning (SRL) dan tutor sebaya merupakan solusi agar mahasiswa mencapai hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian keterampilan SRL dan tutor sebaya dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain quasy experimental. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa angkatan 2013 Program Studi Pendidikan Ners FKp UNAIR Surabaya Bulan Mei-Juni 2015 dengan total sampel 36 mahasiswa yang diambil berdasarkan teknik purpossive sampling dan dibagi menjadi kelompok perlakuan 1 (keterampilan SRL), perlakuan 2 (keterampilan SRL dan tutor sebaya) serta kelompok kontrol. Variabel independen adalah keterampilan SRL dan tutor sebaya, variabel dependen adalah hasil belajar mahasiswa dan tingkat SRL. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan Paired T-Test, LSD dan Games Howel dengan level signifikan p≤0,05. Hasil Paired t-Test pada tingkat SRL kelompok perlakuan 1 p=0,00, perlakuan 2 p=0,00 dan pada kelompok kontrol p=0,383. Hasil Paired t-Test pada hasil belajar kelompok perlakuan 1, perlakuan 2 dan kelompok kontrol seluruhnya p=0,000. Hasil LSD pada tingkat SRL ketiga kelompok p=0,000 dan hasil Games Howel pada hasil belajar ketiga kelompok p=0,000 dengan peningkatan tertinggi pada kelompok perlakuan 2 pada masing-masing uji. Sehingga dapat disimpulkan bahwa intervensi keterampilan SRL dan tutor sebaya lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan tingkat SRL mahasiswa dikarenakan strategi belajar yang efektif dilengkapi pendampingan belajar tutor sebaya. Penelitian yang akan datang diharapkan melibatkan lebih banyak responden dengan waktu penelitian yang lebih lama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 178-16 Lut e
Uncontrolled Keywords: Self-Regulated Learning (SRL), tutor sebaya, strategi belajar, hasil belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
QUMAIRY LUTFIYAH, 131111014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHarmayetty, S.Kp., M.KesUNSPECIFIED
ContributorLaily Hidayati, S.Kep, Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 19 Dec 2016 18:43
Last Modified: 25 Mar 2018 23:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49551
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item