LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN DI PERPUSTAKAAN Pusat penelitian dan Pengembangan Pelayanan Tekhnologi Kesehatan (P4TK) SURABAYA

NUR HOLIFAH (2005) LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN DI PERPUSTAKAAN Pusat penelitian dan Pengembangan Pelayanan Tekhnologi Kesehatan (P4TK) SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
TP 16-05 Hol l.pdf

Download (715kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perpustakaan "Pusat Penelilian dan Pengembangan Pelayanan dan Teknologi Kesehatan" (P4TK) sebgai sarana penunjang penelitian di "Pusat Penelitian dan Pengembangan Pelayanan dan Teknologi Kesehatan" (P4TK). Jika ditinjau dari segi koleksi dan segi jaringan organisasi yang menaunginya, perpustakaan "Pusat Penelitian dan Pengembangan Pelayanan dan Teknolog; Kesehatan" (P4TK) termasuk jenis perpustakaan. khusus. Koleksi bahan pustaka diperpustakaan dapat dikatakan sangat berkembang, karena didukung anggaran atau dana yang turnn secara rutin dan teratur tiga bulan sekali melalui DIP dan DIK. Kegiatan pengadaan ini dilakukan oleh pustakawan dengan pengadaan koleksi metode pembelian, karena melalui pembelian bahan pustaka yang dibutuhkan lebih sesuai dengan kebutuhan pengguna. Koleksi yang ada diperpustakaan "Pusat Peneiitian dan Pengembangan Pelayantlll dim Teknologi Kesehatan" (P4TK)~ yaitu : buku, CD-RO~ majalah ilmiah atau jumal ilmiah, Vertikal File (SEAMIC). Koleksi-koleksi tersebut diperoleh perpustakaan dari pembeliari, hadiah, dan tukar menukar. Seluruh staf perpustakaan berjumlah 5 oran~ yang didalamnya termasuk 3 orang tenaga pustakawan~ kondisi tersebut dirasa belum mencuJrupi tugas-tugas pustakawan. Hal ini menyebabkan kegiatan pengolahan cenderung bersifat lunak terhadap pengguna, antara lain : pelanggaran terhadap ketentuan jangka waktu pengembalian dan koleksi referel1si boleh dipinjam. Di dalam bagian pengolahan koleksi telah melakukan indeks artikel dan majalah-majalah ilmiah yang terbaru sehingga pengguna dapat mengetahui koleksi majalah yang terbaru itu berisi tentang apa saja. Di dalam bagian pelayanan informasi telah melakukan kegiatan berupa peminjaman buku, pengembalian, perpanjangan, dan penagihan. Di bagian ini juga melayani silang layan. dimana pe]ayanan ini diperuntukkan bagi pengguna yang ingin mencari informasi akan tetapi informasi tersebut tidak ada di perpustakaan atau tidak dimiliki oleh perpustakaan, maka perpustakaan akan melayani silang layan ini dengan merujuk kepada perpustakaan lain yang menjadi jaringan dari perpustakaan ini. Jika informasi yang diminta tidak ada di Indonesia maka akan dicarikan ke luar negeri (misal WHO) atau melalui internet. Selain itu perpustakaan ini juga mempunyai pelayanan internet secara gratis bagi pengguna intern, untuk pengguna non P4TK. pelayanan ini dikenai biaya Rp 3000 per jam. Perpustakaan "Pusat PeneIidan dan Pengembangan Pelayanan dan Teknologi KesehaltUt" (P4TK) abo melaksanakan digitalisasi perpusatkaan pada tahun 2005 nanti, adapun proses digitalisasi yaitu menggunakan fasilitas internet yang berupa sebuah website yang dimiliki oleh perpustakaan. Dengan begitu pengguna dapat mengakses langsung informasi yang ada di perpustakaan "Pusat Penelitian dan Pengembangan Pelttyanan dan Teknologi Kesehatan" (P4TK) dari berbagai tempat yaitu dengan menggunakan website perpustakaan http://www.digilib.litbang.depkes.go.id.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: LIBRARIES, PENGEMBANGAN PELAYANAN TEKNOLOGI KESEHATAN
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Teknisi Perpustakaan (D3)
Creators:
CreatorsNIM
NUR HOLIFAHNIM070211169-T
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 19 Dec 2016 20:15
Last Modified: 24 Jun 2019 02:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49582
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item