HAMBATAN DALAM PELAYANAN KESEHATAN.(Studi Deskriptif tentang Faktor-Faktor Penghambat Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) Di PT. Jamsotek(persero) Cabang Karimunjawa, Surabaya)

RETNO PRASTIWI, 079916035 (2004) HAMBATAN DALAM PELAYANAN KESEHATAN.(Studi Deskriptif tentang Faktor-Faktor Penghambat Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) Di PT. Jamsotek(persero) Cabang Karimunjawa, Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis AN 29-04.pra h.pdf

Download (173kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Fokus penelitian ini adalah pada faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya hambatan dalam pelayanan kesehatan bagi peserta program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) di PT. Jamsostek (Persero) Cabang Karimunjawa Surabaya. Hal illi dilatarbelakangi oleh fakta-fakta yang mellunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan JPK masih terhambat oleh faktor-faktor tertentu. Hambatan tersebut terlihat pada proses pelayanan kesehatan di PoliklinikPoliklinik milik jamsostek maupun saat pengajuan klaim setelah berobat di Rumah Sakit yang kerjasama dengan PT. Jamsostek (Persero) Cabang Karimunjawa Surabaya. Oleh karena itu, penelitian dilakukan hendak mengungkapkan dan menggambarkan kenapa hal ini terjadi. Penelitian dilakukan di wilayah kerja PT. Jamsostek (Persero) Cabang Karimunjawa Surabaya. Proses pencariall data di lapallgan meliputi wawancara mendalam, observasi, studi kepustakaan, dan survai. Wawancara mendalam dilakukan terhadap empat orang inforrnan yang dirasa paling berkompeten dalarn permasalahan penelitian. Sedangkan untuk survai menggunakan kuisioner yang disebarkan ke 40 tenaga kerja yang sedang berobat di Poliklinik. Dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. HasH penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab terjadinya harnbatan dalam pelayanan kesehatan bagi peserta program JPK di PT. Iamsostek (Persero) Cabang Karimwljawa Surabaya, karen a terdapat pennasalahan pada tiga faktor utama, yaitu : Pada taktor proSedUT, ditandai dengan munculnya hambatan pada prosedur ketika tenaga kerja peserta program JPK berobat di Poliklinik milik jamsostek. Hal ini dikarenakan ketidaktahuan dan tenab'a kerja akan prosedUT pelayanan JPK. Pada faktor kualitas pelayanan, dari data yang dikumpulkan di lapangan tergambar bahwa apa yang diharapkan tenaga kerja masih jauh dari yang diharapkan. Masih ada kesenjangan antara apa yang menjadi harapan dan kinerja yang senyatanya dirasakan tenaga kerja terhadap kelima dimensi kualitas pelayanan JPK yaitu dinlensi keberwujudan, dimensi keandalan, dimensi daya tanggaP. dimensi jaminan, dan dimensi empati. Pada faktor koordinasi, ditandai dengan munculnya hambatan yang berkaitan dengan data kepesertaan. Sering ditemukan data kepesertaan yang tidak sarna antara di PT. Jamsostek (Persero) Cabang Karimunjawa Surabaya dengan Provider. Sehiogga dapat berpengaruh terhadap peJayanan IPK yang diberikan kepada tenaga kerja peserta program IPK. Akibat adanya pennasalahanpennasalahan diatas menyebabkan peJayanan kesehatan program JPK yang tetall dicanangkan oleh PT. Jamsostek (Persero) Cabang Karimunjawa Surabaya menjadi terhambat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis An 29-04 Pra h
Uncontrolled Keywords: INSURANCE, HEALTH
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RETNO PRASTIWI, 079916035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
UNSPECIFIEDRoestoto Hartojo Putro, Drs, SUUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 19 Dec 2016 20:46
Last Modified: 19 Dec 2016 20:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49588
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item