KEBERLANJUTAN PROGRAM PEMBERDAYAAN DAERAH DALAM MENGATASI DAMPAK KRISIS EKONOMI(PDM-DKE) (Studi Tentang Tingkat Keberlanjutan Program PDM-DKE dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberlanjutan Program PDM-DKE di Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik)

NUR UMMAMA, 079514827 (2003) KEBERLANJUTAN PROGRAM PEMBERDAYAAN DAERAH DALAM MENGATASI DAMPAK KRISIS EKONOMI(PDM-DKE) (Studi Tentang Tingkat Keberlanjutan Program PDM-DKE dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberlanjutan Program PDM-DKE di Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis An.02-00.Umm k.pdf

Download (213kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Fokus penelitian ini adalah pada tingkat keberlanjutan Program PDM-DKE dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberlanjutan Program PDM-DKE di Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik. Hal ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang menunjukkan pelaksanaan Program PDM-DKE di Kecamatan Gresik belum optimal yang ditandai dengan alokasi dana PDM-DKE yang hampir seimbang antara kegiatan ekonomi produktif dan pembangunan fisiko Mengingat tingginya jumlah pengangguran dan kemiskinan serta Kecamatan Gresik merupakan daerah yang memiliki sentra industri sehingga berpotensi dalam mengembangkan usaha-usaha produktif, mestinya dana untuk kegiatan ekonomi produktif ini bisa lebih besar daripada pembangunan fisik sebab dana tersebut harus dapat dijadikan modal bergulir atau berkembang secara swadaya agar dapat berkelanjutan. Tipe penelitian yang digunakan adalah eksplanasi, yang bukan hanya mendeskripsikan suatu fenomena, tetapi juga bertujuan untuk mencari penyebab timbulnya gejala sosial tertentu serta mencari hubungan antar gejala-gejala atau faktor-faktor yang muncul dalam fenomena sosial tertentu. Proses pengumpulan data di lapangan dilakukan dengan tiga cara meliputi: wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Wawancara mendalam dilakukan terhadap 33 orang informan yang dirasa paling berkompeten dengan pennasalahan penelitian. Observasi dilakukan terhadap anggota TPKdIk sebab TPKdIk merupakan organisasi pelaksana dan kondisi ekonomilusaha kelompok sasaran. Penggunaan dokumen dilakukan untuk memperoleh data-data tentang pelaksanaan program PDM-DKE, baik dari laporan tahunan, maupun buku tentang petunjuk pelaksanaan program PDM-DKE dan petunjuk teknis pelaksanaan program PDMDKE. Kemudian teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa data kualitatif, karena analisa data dilakukan secara terus menerus sejak awal sampai akhir penelitian. ' Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab pelaksanaan Program PDM-DKE ini belum sustainable adalah karena perguliran dana yang kurang lancar, tingkat desentralisasi yang cukup rendah, organisasi TPKdIk yang kurang adaptif terhadap lingkungan dan proses belajar masih belum tercapai. Selanjutnya dengan menggunakan model kesesuaian tiga arah dari David C. Korten dijelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi keberlanjutan program PDM-DKE. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa Pertama, ada ketidaksesuaian antara persyaratan tugas dengan kemampuan TPKdIk yang ditandai dengan TPKdIk tidak menjalankan secara optimal komitmen sustainability. Kedua, ada ketidaksesuaian antara sarana pengungkapan kebutuhan dengan proses pengambilan keputusan yang ditandai dengan tidak dilibatkannya kelompok sasaran dalam proses pengambilan keputusan. Ketiga, ada ketidaksesuaian antara basil-hasil program dengan kebutuhan kelompok sasaran yang disebabkan perencanaan program PDM-DKE yang tidak disesuaikan dengan kebutuhan kelompok sasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis An 02-00 Umm k
Uncontrolled Keywords: MAN POWER, POLICY, RURAL
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT401-485 Rural groups. Rural sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
NUR UMMAMA, 079514827UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDAntun Mardiyanta,, Drs. MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 19 Dec 2016 21:33
Last Modified: 19 Dec 2016 21:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49596
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item