KESEJAHTERAAN PENGHUNI RUMAH SUSUN (Studi tentang kesejahteraan penghuni rumah susun berkaitan dengan perubahan budaya dan pemberdayaan tradisi di rumah susun Dupak Bangun Rejo Kelurahan Dupak Kecamatan Krembangan Kota Surabaya)

LULUK SETY A WATI, 079514646 (2000) KESEJAHTERAAN PENGHUNI RUMAH SUSUN (Studi tentang kesejahteraan penghuni rumah susun berkaitan dengan perubahan budaya dan pemberdayaan tradisi di rumah susun Dupak Bangun Rejo Kelurahan Dupak Kecamatan Krembangan Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FIS AN.06 01.SET K.pdf

Download (183kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Abstraksi Kebijaksanaan pemerintah mendirikan pemukiman berbentuk rumah susun adalah untuk mengantisipasi masalah kebutuhan tempat tinggal yang mampu menampung kepadatan jumlah penduduk di kota Surabaya. Seiring dengan pcrmasalahan yang dihadapi oleh Sumbaya dengan luas lahan yang terbatas tidak sebanding dengan jumlah penduduk yang terus meningkat. berakibat muncul kantong-kantong pemukiman kumuh. Karena luas lahan tidak mungkin bertambah luas, perlu mengubah tipe perumahan horisontal ke tipe vertikal. Fungsi rumah susun selain penghematan lahan. berdekatan dengan sarana pemukiman. dan dapat dijangkau masyarakat menongah ke bawah. Tetapi keuntungan-keuntungan terset;mt dirasakan kekurangan mengenai perawatan. kondisi bangunan yang sering rusak,dan perubahan kebiasaan penghuni di rumah susun. Dad kenyataan tersebut muneul permasalahan apakah penyediaan rumah susun Dupak Bangunrejo mampu mendukung kesejahteraan penghuni rumah susun dan faktor apa saja yang mempengaruhi dan bagaimana cara mengantisipasinya. Penelitian ini bertujuan mencari jawaban atas permasalahan mengenai kesejahteraan masyarakat penghuni, sebagai sarana mengamati gejala sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat perkotaan dengan masalah pemukiman, memberi sumbangan pemikiran bagi instansi yang terkait dengan pembuatan kebijaksanaan dan memberi masukan bagi peneliti lain yang berminat pada kajian yang sama. Oalam menjavl'db pennasalahan, menggunakan tipe deskriptif, yaitu menggambarkan seeara mcnyeluruh dan selengkapnya kenyataan yang diperoleh di lapangan. Memilih lokasi di Dupak Bangunrejo sebagai pelopor pembangunan rumah susun di Surabaya yang didirikan di atas pemukiman lama yang benar-benar I1lcll1crllIkan pcmbangunan dengan segera. Sam pel peneJitian terdiri dari instansi yang tcrkait dengnn rumah susun beserta masyarakat yang menghuni rumah susun Dupak Bangunrcjo. Pengllmpulan data dari dua sumber yaitu data primer dari wawancara dan data sekunder dari sumber tertulis. Analisis data kualitatif berupa kata-kata, dan keabsahan data diperoleh melalui trianggulasi sumber data. Dari kenyataan yang diperoleh di rumah susun Dupak Bangunrejo, menunjukkan bahwa kes~jahteraan penghuni rumah susun diperoleh dari bentuk fisik rumah susun dan kondisi sosial budaya antara para penghuni. Perubahan kebiasaan tinggal di rumah susun menghasilkan kebiasaan baru yang merupakan hasil sosiaJisasi terhadap kebiasaan baru tersebut. Tetapi masih ada kekurangan yang dirasakan para penghuni, antara lain mengenai kerukunan, keamanan, dan daya tanggap pemerintah terhadap kondisi rumah sus un dan kondisi sosial budaya masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis An 06-01 Set k
Uncontrolled Keywords: HOUSING
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
LULUK SETY A WATI, 079514646UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
UNSPECIFIEDGatot Pramuka, DRs, MSUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 19 Dec 2016 22:11
Last Modified: 27 Aug 2017 22:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49600
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item