HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL IBU DENGAN KECEMASAN REMAJA MENGHADAPIMENSTRUASI DI SDN PANJANG JIWO 1 SURABAYA

Dewi Agustina Purwaningsih, 131111030 (2015) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL IBU DENGAN KECEMASAN REMAJA MENGHADAPIMENSTRUASI DI SDN PANJANG JIWO 1 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP. N. 182-16 Pur h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kecemasan adalah perasaan yang tidak menyenangkan atau perasaan tidak menentu yang dirasakan oleh seseorang. Remaja yang mengalami kecemasan bisa diakibatkan oleh menstruasi, terutama pada 1-3 tahun menarche. Kecemasan yang tidak segera ditangani dapat menjadi faktor penghambat dalam belajar yang mengganggu kinerja fungsi-fungsi kognitif remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan sosial ibu dengan kecemasan remaja dalam menghadapi menstruasi di SDN Panjangn Jiwo 1 Surabaya. Desain penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasinya adalah semua siswi kelas 6 SDN Panjang Jiwo 1 Surabaya. Sedangkan sampel yang digunakan sebesar 26 responden berdasarkan purposive samplin. Variabel independen ini adalah dukungan sosial ibu dengan variabel dependennya adalah kecemasan remaja menghadapi menstruasi. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dianalisis menggunakan uji statistik spearmen rho dengan tingkat kemaknaan p ≤ 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan koefisien korelasi perceived p= 0,034 dengan tingkat signifikansi r= -0,418. Dukungan sosial ibu memiliki hubungan yang cukup kuat dengan kecemasan remaja menghadapi menstruasi di SDN Panjang Jiwo 1 Surabaya. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengikutsertakan ibu sebagai responden untuk menurunkan kecemasan remaja menghadapi menstruasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 182-16 Pur h
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial ibu, kecemasan remaja, menstruasi
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
Dewi Agustina Purwaningsih, 131111030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNi Ketut Alit Armini, S.Kp.,M.KesUNSPECIFIED
ContributorAria Aulia Nastiti, S.Kep., Ns., M. KepUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 19 Dec 2016 22:31
Last Modified: 25 Mar 2018 16:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49611
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item