KINERJA AHLI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (AK3) (STUDI DESKRIPTIF KINERJA AHLI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (AK3) DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DI PERTAMINA UPMS V SURABAYA)

WIDYAH KUSUMAWATI, 079715486 (2002) KINERJA AHLI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (AK3) (STUDI DESKRIPTIF KINERJA AHLI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (AK3) DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DI PERTAMINA UPMS V SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis AN.13-02.Kus k.pdf

Download (211kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Lindungan Lingkungan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di suatu perusahaan adalah satu aspek yang penting untuk diperhatikan, karena aspek ini menyangkut hilangnya nyawa seorang pekerja dan karyawan. Untuk mendukung segala hal yang berkaitan dengan K3 maka dibutuhkan tenaga profesional Ahli LK3 di perusahaan, dan menjadi bagian tersendiri di perusahaan tersebut. Oleh karena itu maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja ahli LK3 beserta faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja ahli LK3 dalam implementasi program LK3. Penelitian ini dilakukan di kantor LK3 Pertamina UPMS V Surabaya. Penelitian ini rnenggunakan metode penelitian deskriptif, hal ini dikarenakan masih terbatasnya literatur dan penelitian yang membahas tentang kinerja dan faktot-faktor yang mempengaruhi kinerja ahli LK3 dalam implementasi program LK3. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif diharapkan diperoleh gambaran mengenai kinerja ahli LK3 dalam implementasi program LK3 di Pertamina UPMS V Surabaya. Selanjutnya dengan metode purposive sampling, maka diharapkan responden yang berkompetan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan selama penelitian ini berlangsung. Dari data yang diperoleh dilakukan proses analisis data yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan tiga alur yaitu : proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari proses penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kinerja ahli LK3 di Pertamina memang memerlukan banyak dukungan baik dati pekerja, karyawan, dan manajemen, karena dengan dukungan tersebut kinerja yang dihasilkan oleh ahli LK3 juga akan maksimal, dan juga perlu diperhatikan adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja ahli LK3. Jika perusahaan concern dan pekerja menyadari akan pentingnya aspek LK3 maka tujuan akhir dari organisasi LK3 juga bisa tercapai yaitu mewujudkan Zerro Accident dan Zerro Pollution. Dengan terwujudnya tujuan akhir tersebut maka dapat dikatakan kinerja Ahli LK3 berhasil dalam implementasi program LK3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis An 13-02 Kus k
Uncontrolled Keywords: OCCUPATIONAL HEALTH AND SAFETY EXPERT
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
WIDYAH KUSUMAWATI, 079715486UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
UNSPECIFIEDH. Jusuf Irianto, Drs. , M.ComUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 20 Dec 2016 00:45
Last Modified: 20 Dec 2016 00:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49627
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item