PELAKSANAAN EKSEKUSI ATAS JAMINAN KREDIT BERUPA BARANG PERSEDIAAN (Study Kasus pada PT. BANK RAKYAT INDONESIA (Persero)T.bk)

TIARA PUSPITASARI,S.H., 031214253099 (2016) PELAKSANAAN EKSEKUSI ATAS JAMINAN KREDIT BERUPA BARANG PERSEDIAAN (Study Kasus pada PT. BANK RAKYAT INDONESIA (Persero)T.bk). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
TESIS TIARA FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peranan Bank sangat menunjang perkembangan pembangunan yang sedang digalakkan pemerintah. Dalam dasawarsa ini sebagian pengusaha dan pedagang dalam menjalankan aktivitasnya mempunyai sumber dana yang utama selain dari dalam perusahaan, juga yang bersumber dari luar perusahaan yang biasanya berupa pinjaman kredit dari BankMasalah yang timbul dalam pelaksanaan perjanjian kredit adalah keadaan dimana debitur lalai untuk melakukan kewajibannya atau yang biasanya disebut Wanprestatie. Fakta yang sering kali terjadi dilapangan adalah debitur terlambat dalam melakukan pembayaran baik cicilan maupun bunga. Oleh karenanya itu, setiap pemberian kredit yang disalurkan oleh bank, dalam prakteknya bank selalu meminta kepada debitur untuk menyerahkan jaminan, guna keamanan dalam pengembalian kredit tersebut. Dalam hal ini jika jaminan kredit berupa persediaan atau barang bergerak maka harus diikat dengan Fidusia eigendom overdraft (FEO). Sebagaimana disebutkan dalam Pasal 5 ayat (1) Undang-Undang Jaminan Fidusia disebutkan bahwa “ pembebanan benda dengan jaminan fidusia dibuat dengan akta notaris dalam bahasa Indonesia dan merupakan akta jaminan fidusia”. Akta Jaminan Fidusia kemudian di daftarkan ke Kantor pendaftaran Jaminan Fidusia untuk diterbitkan Sertifikat Jaminan Fidusia. Setelah diterbitkannya Sertifikat Jaminan Fidusia apabila debitur melakukan wanprestatie maka kreditur mempunyai kekuatan eksekutorial, disamakan dengan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap. Kekuatan eksekutorial adalah langsung dapat dilaksanakan tanpa melalui pengadilan dan bersifat final dan mengikat kepada para pihak yang melaksanakannya. Untuk barang jaminan yang tidak didaftarkan di Kantor Pendaftaran Fidusia, apabila terjadi cedera janji oleh debitor, maka akan ditempuh jalan eksekusi melalui:

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 108/16 Pus p
Uncontrolled Keywords: KREDIT
Subjects: K Law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsEmail
TIARA PUSPITASARI,S.H., 031214253099UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTrisadini Prasastinah Usanti, Dr. , S.H., MH.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 19 Dec 2016 23:41
Last Modified: 19 Dec 2016 23:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49632
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item