EVALUASI KINERJA MANAJEMEN KUALITAS PADA TAHAPAN PROSES DENGAN RERANGKA SIX SIGMA PADA PT. GRAHA CENDANA ABADI MITRA

WISAKSONO PUTRANTO, 049615303 (2004) EVALUASI KINERJA MANAJEMEN KUALITAS PADA TAHAPAN PROSES DENGAN RERANGKA SIX SIGMA PADA PT. GRAHA CENDANA ABADI MITRA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 311-04 PUT E-EDT.pdf

Download (374kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. GRAHA CENDANA ABADI MITRA adalah perusahaan keluarga yang menghasilkan produk tas berupa tas travel, tas anak dan tas kantor. Perusahaan ini berada di Jalan Buntaran no 5, hasil produksi dari perusahaan dipasarkan di kota Surabaya dan kota sekitarnya bahkan untuk pasar luar negeri. Supaya dapat bertahan maka pernsahaan harns meningkatkan kualitas dari hasil produksi dan kapasitas produksinya. Disamping itu harga yang murah dan pengiriman tepat waktu sangat penting dalam dunia usaha. Six Sigma merupakan suatu sistem yang komprehensif dan fleksibel untuk mencapai, memberi dukungan dan memaksimalkan proses usaha, yang berfokus pada pemahaman akan kebutuhan pelanggan dengan menggunakan fakta, data dan terns menerus memperhatikan pengaturan, perbaikan dan mengkaji ulang proses usaha menuju tingkat kegagalan nol (zero defect). Evaluasi kinerja manajemen kualitas pada tahapan proses sewing dengan rerangka Six Sigma menggunakan tahapan-tahapan DMAIC (Define Measure Analyze Improve and Control). Pengukuran kinerja disertai dengan perbaikan kualitas dan nilai sigma untuk data atribut dari baseline peiformance 3,41 sigma menjadi rata-rata 3,94 sigma pada bulan Mei. Sedangkan untuk data variabellebar dinding fiber dari baseline peiformance 3,29 menjadi rata-rata 5,53 sigma bulan Mei. Dari data variabel dapat diketahui nilai Cpm bulan Maret sebesar 0.918 menjadi nilai kapabilitas proses pada bulan Mei Cpm sebesar 1,49 artinya kapabilitas proses cukup mampu untuk memenuhi spesifikasi target lebar dinding fiber. Dengan penyusunan laporan biaya kualitas akan dapat membantu pihak manajemen perusahaan untuk mengukur masalah kualitas secara finansial, yang akan melengkapi informasi non finansial mengenai kualitas, sehingga dapat diketahui kecenderungan yang terjadi atas besamya biaya kualitas yang timbul sejalan dengan peningkatan kualitas produk yang pada akhimya mengarah pada pengendalian biaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 311/04 Put e
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
WISAKSONO PUTRANTO, 049615303UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantBAMBANG SUHARDITO, DrsMsi .AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 20 Dec 2016 02:58
Last Modified: 20 Dec 2016 02:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49648
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item