UJI BIOAKTIVITAS SENYAWA KIMIAFRAKSI n- HEKSANA DENGAN Artemia salina LEACH DAN IDENTIFIKASI SENYAWA AKTIFNYA DALAM Gracilaria lichenoides

SAYYIDAH FATIMAH, 089811848 (2002) UJI BIOAKTIVITAS SENYAWA KIMIAFRAKSI n- HEKSANA DENGAN Artemia salina LEACH DAN IDENTIFIKASI SENYAWA AKTIFNYA DALAM Gracilaria lichenoides. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MPK 28-02 FAT U.pdf

Download (644kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Graci/aria lichenoides merupakan salah satu spesies rwnput laut dari Rhodophyta (alga merah), yang dapat dijumpai di berbagai perairan laut Indonesia. Sampel diperoleh dari Industri "Alga" desa Wonoayu, Sidoarjo, Jawa Timur. Sampel diolah dalam bentuk serbuk dengan berat 3 kg yang kemudian diekstraksi menggunakan n-heksana. Ekstrak kasar yang diperoleh berwarna eoklat sebanyak 3,2 gram. Hasil skrining menunjukkan adanya senyawa terpenoid dan steroid. Ekstrak kemudian dipisahkan dengan kromatografi kolom menggunakan fasa diam silika gel merck 7731 dan sebagai fasa geraknya adalah n-heksana : etil asetat dengan meningkatkan kepolaran seeara bertahap. Fraksifraksi yang diperoleh diuji bioaktivitasnya dengan menggunakan metode Brine Shrimp Lethality Test. Uji ini menunjukkan bahwa fraksi 10-16 aktif dan dominan. Senyawa mumi diisolasi dan fraksi tersebut. Senyawa mumi yang diperoleh berupa kristal putih berbentuk jarum dengan titik leleh 142-144°C, memiliki harga Rf= 0,51 dengan eluen n-heksana: etil asetat (4:]). Senyawa hasil isolasi diidentifikasi dengan metode spektroskopi yaitu IH-NMR, IR, dan GC-MS. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa senyawa hasil isolasi adalah kampesterol dengan rumus molekul C2sH4s0. Senyawa hasil isolasi ini kemudian diuji bioaktivitasnya dengan metode BST. Uji menunjukkan bahwa senyawa mumi tidak aktif terhadap bioindikator Artemia salina Leach.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia
Creators:
CreatorsNIM
SAYYIDAH FATIMAH, 089811848UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 20 Dec 2016 18:50
Last Modified: 07 Jun 2017 22:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49672
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item