ANALISIS RASIO KEUANGAN SELAMA KRISIS DAN SESUDAH KRlSIS SEBAGAI ALAT UNTUK MENILAI KlNERJA KEUANGAN PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK JAKARTA

HENGKI HERTANTO, 040111098 (2004) ANALISIS RASIO KEUANGAN SELAMA KRISIS DAN SESUDAH KRlSIS SEBAGAI ALAT UNTUK MENILAI KlNERJA KEUANGAN PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK JAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 318-04 HER A - EDT.pdf

Download (395kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada industri telekomunikasi saat ini laba bersih PT Indosat dan PT Telkom mengalami kenaikan. Namun, nHai lonjakan laba bersih yang diperoleh kedua perusahaan tersebut masih belum menloiapai pemerataan telekomunikasi yang diharapkan bisa menyebar diseluruh Indonesia. Untuk bisa membangun kita membutuhkan uang, sementara pemerintah tid;:lk mempunyai uang, artinya harus mendatangkan investor untuk melakukan investasi. Untuk menarik para investor dalam pengambilan keputusan investasi dan hagi pihak rnanajemen serta para pengguna lain dipedukan suatu analisis yang tepat dalarn rnengevalua<;;i posisi keuangan dan menilai kineIja keuangan salah satunya yaitu analisis rasio keuangan yang berpengaruh terhadap lingkungan internal perusahaan berupa nilai-nilai dari analisis rasio keuangan yang menjadi dasar penetapan kebijakan manajemen dirnasa yang akan datang. Dari paparan diatas penulis tertarik untuk mengangkat permasalahan diatas ke dalam skripsi dengan judul analisis rasio keuangan selama krisis dan sesudah krisis sebagai alat untuk menilai kineIja keuangan perusahaan telekornunikasi yang go public di Bursa Efek Jakarta yang akan menguji hipotesis bahwa diduga ada perbedaan yang signifikan rata-rata ratio keuangan selama dan sesudah krisis dalam rnenilai kineIja keuangan perusahaan telekomunikasi yang go-public di Bursa Efek Jakarta yang dapat dijadikan dasar bagi para investor dalam pengambilan keputusan investasi dan bagi pihak manajemen serta para pengguna lain. Untuk menguji hipotesis diatas ada dw:. tahap yang akan dilakukan yaitu rnenganalisis perbandingan kineIja keuangan perusahaan telekomunikasi selama krisis dan sesudah krisis di Bursa Efek Jakarta dengan rnenggunakan ratio keuangan sehingga diketahui rata-rata rasio keuangan selarna dan sesudah krisis kernudian rnengujinya dengan uji beda rata-rata sarnpel berpasangan menggunakan uji t-paired dengan bantuan SPSS Versi 10.0. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa selarna dan sesudah krisis baik Rasio likuiditas (Current Ratio, Acid-Test Ratio atau Quick Ratio), Rasio solvabilitas (Debt Ratio, Debt To Equity Ratio), Rasio perputaran total aktiva, Rasio Return On investment PT Indosat dan PT Telkorn tidak mengalarni perbedaan yang signifikan sebelum dan selarna krisis. Hanya rasio Net Profit margin PT Telkom yang mernpunyai tingkat signifikansi < 0,05 artinya rasio Net Profit margin yang berbeda secara nyata selama dan sesudah krisis. Berdasarkan hasil penelitian perusahaan perlu rnemaksirnalkan Taslo likuiditas, aktivitas, profitabilitas yang dirniliki dan meminimalkan rasio solvabilitasnya sehingga dapat meningkatkan kinerja yang pada akhirnya meningkatkan laba dan investasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 318/04 Her a
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance
Creators:
CreatorsNIM
HENGKI HERTANTO, 040111098UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDWIWIEK DIANAWATI, Dra.,Msi.,Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 20 Dec 2016 20:14
Last Modified: 20 Dec 2016 20:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49684
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item