EVALUASI STRUKTUR PENGENDALIAN INTERN ATAS SISTEM PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS PADA PT. JAWA AD MARKETING COMMUNICATIONS DI SURABAYA

ROSSI KURNIASARI, 040016922 (2004) EVALUASI STRUKTUR PENGENDALIAN INTERN ATAS SISTEM PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS PADA PT. JAWA AD MARKETING COMMUNICATIONS DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 312-04 KUR E-EDT.pdf

Download (371kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Struktur pengendalian intern merupakan landasan bagi suatu perusahaan yang didesain untuk memberikan keyakinan memadai terhadap peneapaian tiga golongan tujuan yaitu keandalan pelaporan keuangan, efektivitas dan eflsiensi operasional, dan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku. Keberadaan kas sebagai elemen asset perusahaan yang paling liquid rentan terhadap penyelewengan-penyelewengan maupun penggelapan. Pengelolaan kas melalui sistem penerimaan dan pengeluaran kas bertumpu pada struktur pengendalian intern yang memadai. Evaluasi struktur pengendalian intern atas sistem penerimaan dan pengeiuaran kas pada PT. Jawa Ad dilakukan berdasarkan 5 (lima) komponen utama dari struktur pengendalian intern yaitu lingkungan pengendalian, penetapan risiko manajemen, sistem informasi dan komunikasi akuntansi, aktivitas pengendalian dan pemantauan. Fokus penelitian seeara umum meliputi pengamatan atas struktur pengendalian intern yang sedang berjalan khususnya pada sistem penerimaan dan pengeluaran kas pada perusahaan tersebut. Teknik analisis guna menjawab rumusan masalah adalah dengan metode kualitatif deskriptif sesuai dengan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Hasil analisis menggambarkan bahwa struktur pengendalian intern pada sistem penerimaan dan pengeluaran kas secara umum eukup memadai dan akan jauh lebih optimal jika dilakukan pembenahan seperti penggunaan dokumen prenumbered, penggunaan cek atas nama, pelaksanaan cash opname seeara mendadak, serta penerapan imprest system untuk pengeluaran kas keeil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 312/04 Kur e
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ROSSI KURNIASARI, 040016922UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantSoegeng Soetedjo, Dr. SE. ,Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 20 Dec 2016 20:48
Last Modified: 20 Dec 2016 20:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49690
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item