ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PEMASARAN RELSIONAL TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG SURABAYA

ATINA SHOFAWATI, 049836242 (2003) ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PEMASARAN RELSIONAL TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
kk B 154.03 Sho a.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini meneliti pengaruh faktor-faktor pcmasaran relasional yang meliputi ikatan keuangan (financial bonds), ikatan sosial(social bonds), ikatan untuk menciptakan kesesuaian terhadap nasabah (customizatiob bonds) dan ikatan struktural(structural bonds) terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat Cabang Surabaya._ Nasabah yang diteliti adalah nasabah Bank Muamalat Cabang Surabaya, khususnya yang menggunakan produk tabungan. Penelitian ini dilakukan mengingat pentingnya upaya mempertahankan nasabah yang sudah dimiliki sehingga menjadi nasabah yang loyal. Dalam tingkat persaingan yang semakin kompetitif Seperti saat ini, setiap pelaku bisnis termasuk perbankan syariah harUs, selalu memantau, memahami dan memberikan sesuatu yang diharapkan nasabah. Sebagai bank syariah, Bank Muamalat menggunakan bagi hasil dan menanggalkan bunga. Bagi hasil terkait sektor riil sehingga nilai nominainya tidak pasti dibanding sistem bunga". Meskipun sebagian besar nasabah bank Muamalat berdasarkan motif emosional yaitu faktor agama, akan tetapi dalam jangka panjang Bank Muamalat tidak bisa hanya mengandalkan faktor agama untuk mempengaruhi preferensi nasabah. Untuk itu perusahaan perlu menciptakan hubungan kenasabahan yang erat dengan para pelanggan. Dengan demikian, strategi pemasaran yang diterapkan tidak berhenti pada selesainya proses transaksi (transaction marketing) tetapi harus berupaya untuk membangun hubungan jangka panjang secara baik. Menurut Zeithami dan Bitmer (2000) mempertahankan hubungan dengan nasabah yang sekarang memerlukan biaya yang jauh lebih murah daripada biaya menarik nasabah baru. kunci untuk mempertahankan hubungan baik dengan nasabah dalam jangka panjang adalah dengan menerapkan pemasaran relasi (relationship marketing)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB 154.03 Sho fulltext tidak tersedia
Uncontrolled Keywords: bank, marketing
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ATINA SHOFAWATI, 049836242UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEFFENDIE, Prof. Dr. Hj., SE.UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 20 Dec 2016 22:09
Last Modified: 20 Dec 2016 22:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49708
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item