DEPRESI PADA IBU PASCA DIAGNOSIS RETARDASI MENTAL ANAK : SUATU STUDI KASUS

ENI NUR MULYATI, 119510088 (2000) DEPRESI PADA IBU PASCA DIAGNOSIS RETARDASI MENTAL ANAK : SUATU STUDI KASUS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Psi 31-00.mul p-1.pdf

Download (388kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Diagnosis retardasi mental pada anak menjadi sesuatu yang menakutkan bagi orang tua sehingga masa-masa paseadiagnosis merupakan periode krisis terutama bagi ibu. Kondisi depresi dapat terjadi pada ibu karena intensitas interaksinya dengan anak relatif lebih banyak. Meskipun demikian, berat-ringannya depresi juga dipengaruhi oleh berbagai faktor. Penelitian ini meneoba meneari jawaban tentang apakah diagnosis retardasi mental anak menyebabkan depresi pada ibu, bagaimana reaksi ibn, dinamika psikologis yang mempengaruhi tingkat depresi ibu, serta faktor-faktor yang berpengaruh terhadap ada-tidaknya kejadian depresi pada ibu paseadiagnosis retardasi mental anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus eksplanatif. Variabel penelitian ini adalah depresi ibu paseadiagnosis retardasi mental anak. Desain penelitian yang digunakan adalah desain multi kasus-holistik. Subyek penelitian ditentukan berdasarkan kriteria tertentu dengan menggunakan pendekatan purposif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode triangulasi, yakni menggunakan sumber bukti jamak (multi sumber bukti) me1iputi arsip data diri subyek, angket HRS-D (Hamilton Rating Scale for Depression) untuk mengukur depresi subyek, wawaneara, serta observasi. Analisis data dilakukan dalam bentuk "pembuatan pen jelasan". Hasil analisis data menunjukkan bahwa para ibu yang menjadi subyek dalam penelitian ini tidak mengalami depresi. Dengan demikian, diagnosis retardasi mental anak tidak menyebabkan depresi pada para ibu yang menjadi subyek penelitian. Reaksi yang muneul dari ibu yang menjadi subyek penelitian pascadiagnosis retardasi mental anak berbeda-beda berdasarkan pengetahuan dan pemahaman informasi tentang paparan hasil diagnosa retardasi anak. Reaksi yang muneul pada para ibu yang menjadi subyek dalam penelitian ini meliputi pengingkaran, ambivalensi, overproteksi, pengorbanan diri serta defensif. Reaksi yang dominan mooeu1 adalah overproteksi. Dinamika psikologis yang teIjadi pada para ibu (subyek penelitian) paseadiagnosis retardasi mental anak bervariasi, tidak selalu melalui pola yang sarna. Meskipun demikian, secara umum mereka tidak melalui tahap penyesalan mendalam yang mengarah pada depresi. Faktor-faktor yang mempengaruhi ada-tidaknya kejadian depresi pada para ibu dari penderita retardasi mental yang menjadi subyek penelitian adalah sebagai berikut: 1) pengetahuan dan pemahaman tentang real ita individu berkaitan dengan konsep retardasi mental yang diderita anak serta implikasinya bagi kebidupan mereka maupun anak retardasi ito sendiri kelak; 2) dukungan dari orang-orang yang signifikan, khususnya pasangan; 3) kematangan kepribadian dan penyesuaian diri yang baik; 4) keyakinan agama yang kuat; 5) Situasi ekonomi keluarga; 6) kehadiran anak yang tidak diharapkan dan tidak diperkirakan; 7) jumlah anak; 8) pendidikan orang toa; 9) kebanggaan terhadap kecerdasan dan pengetahuan; 10) latar belakang budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI 31/00 Mul p
Uncontrolled Keywords: CHILD MENTAL HEALTH, DEPRESSIONS
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV701-1420.5 Children > HV888-907 Children with disabilities
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ENI NUR MULYATI, 119510088UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMarlina S. Mahajudin, dr. , DSJ. PGD. Pall. Med (ECU)UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 20 Dec 2016 22:55
Last Modified: 11 Jul 2017 15:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49724
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item