PESAN PENGAJARAN PERAN GENDER DALAM KELUARGA (STUDI DESKRIPTIF BENTUK PESAN PENGAJARAN PERAN GENDER DALAM KELUARGA YANG DIGUNAKAN OLEH IBU PADA ANAK DI KECAMATAN SAWAHAN KOTAMADYA SURABAYA)

NILAM SARASWATI, 079514791 (2001) PESAN PENGAJARAN PERAN GENDER DALAM KELUARGA (STUDI DESKRIPTIF BENTUK PESAN PENGAJARAN PERAN GENDER DALAM KELUARGA YANG DIGUNAKAN OLEH IBU PADA ANAK DI KECAMATAN SAWAHAN KOTAMADYA SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS P 12-01 SAR P 079514791.pdf

Download (365kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Adanya perbedaan jenis kelarnin pada akhimya menimbulkan perbedaan peran antara laki-laki dan perempuan yang sering disebut sebagai penn gender. Peran akan selalu terkait dengtln rugas atan kewajiban berdasarkan posisi yang dimiliki seseorang. Selama ini pelaksanaan rugas dalam keluarga diyaldni sebagai rugas ibu atau memerlukan koordinasi dari ibl.L Demikian juga dalam melaksanakan rugas pengajaran pada anak juga diyakini sebagai ruga" ibu. Dalam melakukan· pengajaran peran gender diperlukan bentuk pesan yang sesnai sehingga dapat membnjuk anak agar bersedia melaksanakan peran yang diberikan kepadanya. Berangkat dari hal tersebut maka peneliti ingin mengetahui bentuk-bentuk pesan yang digl.makan ibu dalam pengajaran peran gender. Agar dapat menyelesaikan pennasalahan yang diajukan, maka digl.makan kerangka konsep, ant.ara lain: hmgsi koml.mikasi kell.1arga dalam pengajaran peran gender, proses belajar pada anak, perkembangan anak, pembagian peran kerja berdasarkan gender, dan pesan dalam komunikasi persuasi. Unit analisis dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak laki-Iaki dan perempuan berusia antara 7 18 t.ahl.m serta bertempat tinggal di Kecamatan Sawahan (Kelurahan Pakis dan Kelurahan Kupang Krajan). Sampel penelitian ditentukan berdasar rumus Yamane yaitu be:rjl.l.mlah 90 ibn. Untuk selanjutnya, responden penelitian diambil secara ileak proposional karena jumlah populasi di tiap kelurahan berbeda. Pe:mili.han l'esponden ditelltukall secara simple random sampling sehingga semua kerangka sampling memiliki peluang dipilih sebagai responden. Data primer diperoleh melalui kuesioner yang ditanyakan pada respondelL T eknik analisis data menggtmakan tabel frekuensi. Hasil penelitian diperoleh bahwa mayoritas ibu memilih bentuk pesan altruism yaitu pesan yang secal'a langsung memberikan perilltah untuk melaksanakan tugas. Bentuk pesan ini juga merupakan bentuk pesan yang paling sering digunakan oleh ibu. Sedangkan bentuk pesan yang paling sedikit digunakan oleh ibu adalah pesan berbentuk debt, yaitu pesan dengan menyatakan bahwa ibn telah melakl.1kan banyak hal untuk anak ketika merninta anak melaksanakan suaru rugas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK FIS P 12-01 Sar p ( FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: PESAN PENGAJARAN; GENDER; KELUARGA
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NILAM SARASWATI, 079514791UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorLiestianingsih D, Dra., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 21 Dec 2016 16:19
Last Modified: 11 Jun 2017 16:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49748
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item