HUBUNGAN TINGKAT KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP TINGKAT STRES KERJA PADA KARYAWAN RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA

ACHMAD FAJZ ZAINUDDIN, 119610165 (2002) HUBUNGAN TINGKAT KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP TINGKAT STRES KERJA PADA KARYAWAN RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PSIKOLOGI 027-A.02 ZAI H.pdf

Download (376kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi mewabahnya gejala stres kerja yang hampir merata baik di negara maju maupun di negara berkembang seperti Indonesia. Stres kerja tclah membawa kerugian yang sangat besar bagi para individu yang mengalaminya maupun bagi organisasi tempat individu tersebut bekerja. Di sisi lain, kecerdasan spiritual adalah topik yang lagi hangat dibicarakan di dunia ilmu psikologi. Disinyalir jenis kecerdasan ini adalah the ultimate intelligence yang lebih berperan bagi kebahagiaan hidup seseorang, dibanding jenis kecerdasan yang lain (IQ. EQ, AQ ataupun Multiple Inllegence). Tujuan penelitian ini adalah untuk membuk'1ikan secara empiris sejauh mana hubungan antara tingkat kecerdasan spiritual terhadap tingkat stres kerja pada para pekerja. Tipe penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode korelasional, serta merupakan confirmatory reaserarch. Populasi penelitian ini adalah para karyawan Rumah Sakit Islam Surabaya yang berjumlah 393 orang, kemudian diambil sampelnya sebanyak 33 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan adaptasi dari Spiritual Health Quesionere (SHQ) untuk variabel pengaruh (tingkat kecerdasan spiritual) dan kuesioner yang dibuat berdasarkan indikator stres kerja menurut International Labour Office (!LO). Us. National Institute for Occupational Safety dan Health(NIOSH) dan Occupational Stress Indicator(OSI) dari Sloan & Cooper.Uji validitas alat ukur menggunakan analisis internal consistency dan dihasilkan 31 butir sahih untuk alat ukur tingkat kecerdasan spiritual, dan 35 butir sahih untuk alat ukur tingkat stres kerja. Uji reabilitas menggunakan metode alpha, dan terbukti bahwa alat ukur ini reliabel. Analisa data dilakukan dengan teknik product moment (Pearson). Dari Hasil analisa data didapatkan koefisien korelasi sebesar minus 0,15 (r -0,15) dengan nilai r tabel untuk hasil yang signifikan minimal sebesar 0,291 (N=33 dan taraf signifikansi 5%). Berdasarkan hasil analisa data tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara tingkat kecerdasan spiritual terhadap tingkat stres kerja pada karyawan Rumah Sakit Islam Surabaya. Dari hasil tabulasi silang ditemukan bahwa pada umumnya tingkat kecerdasan spiritual subyek pada tingkat moderat, dan tingkat stres kerjanya rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB PSI 027-A/02 Zai h
Uncontrolled Keywords: SPIRITUAL INTELLIGENCE, STRESS, HOSPITALS
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q335 Artificial intelligence
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
ACHMAD FAJZ ZAINUDDIN, 119610165UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDewi Retno Suminar Hargiyanto, Dra., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 21 Dec 2016 17:26
Last Modified: 11 Jun 2017 17:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49769
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item