PENERAPAN THEORY OF CONSTRAINTS UNTUK PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN DALAM RANGKA OPTIMASI PROSES PRODUKSI PADA PT. X DI SURABAYA

AGUNG TRI HIAD SUDJATMIKO, 049816172 (2004) PENERAPAN THEORY OF CONSTRAINTS UNTUK PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN DALAM RANGKA OPTIMASI PROSES PRODUKSI PADA PT. X DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 328-04 SUD P-EDT.pdf

Download (331kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat akan mempengaruhi industri, khususnya manajemen perusahaan. Kebijakan pemcrintah dlgunakan untuk mcnJaga stabihtas ekonomi nasional, salah salunya adalah memngkatkan clislensl dan daya saing ekonomi di pasar nasional dan internasionaL Perusahaan, termasuk PT."X", harus memiliki strategi untuk dapat beroperasi lebih efektif dan efisien dalam memanfaatkan sumber daya yang dimiliki perusahaan. Adanya sistem perencanaan dan pengendalian yang baik menjadi salah satu factor penentu untuk meraih keunggulan daya saing. Proses produksi tidak pernah lepas dari berbagai kendala, s.:hingga perusahaan perlu suatu sistem perencanaan dan per1gendalian yang tepat untuk mengidentifikasi sumber daya dan kendala-kendala yang ada. Permasalahan yang dihadapai oleh PT."X" adalah bagaimana menerapkan Theory of Constraints untuk mengidentifikasi kendala-kendala pada proses produksi dan bagaimana menentukan skedul prioritas produksi yang tepat agar sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat digunakan scoptimal munglcin dalam menghasilkan laba yang maksimal. PT. "X" adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri scpatu dan sandal. Pemasarannya mencakup skala nasional dan internasional. Skripsi ini memfokuskan pada 3 tipe sandal jepit, yaitu : tipe 00, tipe PL, dan tipe TRAX. Harga jual untuk setiap ~ipe adalah : tipe HD Rp 2.300,00 ; tipe PL Rp 2.700,00 ; dan tipe TRAX Rp 2.200,00. Melalui berbagai perhitungan data yang telah diolah, dapat diketahui bahwa ada kendala pada mesin mixing. Biaya bahan untuk setiap tipe adalah : tipe HD Rp 595,15 ; tipe PL Rp 908,49 ; dan tipe TRAX Rp 843,90 .. Sebelum menerapkan TOC, urutan prioritas berdasarkan throughput contribution (harga jual -biaya bahan). Urutan prioritasnya adalah : pertama tipe PL, kedua tipe HD, dan terakhir tipe TRAX. Product mix-nya 34,88 % : 58,14 % : 6,96 %. Throughput contribution-nya sebesar Rp 5.884.976,00. Bila PT "X" menerapkam TOC, urutan prioritas berdasarkan throughput per detik. Urutan prioritasnya adalah : pertama tipe HD, kedua tipe TRAX, dan terakhir tipe PL. Product mix-nya 50,63 % : 40,51 % : 8,86 %. Throughput contribution-nya scbesar Rp 6.106.488,50. Jadi, dengan menerapkan TOC akan ada peningkatan throughput contribution sebesar 5,46 %. Selanjutnya, ada analisa scnsitivitas yang berguna untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perubahan berbagai variabel terhadap perhitungan TOC, baik throughput maupun throughput contribution. Di sini, penulis lebih memfokuskan pada perubahan variabel harga jual dan biaya bahan, baik kenaikan maupun penurunan sebesar 1 %, yang mempengaruhi perhitungan TOe.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 328/04 Sud p
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
AGUNG TRI HIAD SUDJATMIKO, 049816172UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantMOHAMMAD NASIH, Drs. M. T., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 21 Dec 2016 17:31
Last Modified: 11 Jun 2017 17:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49770
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item