PENGARUH TINGKAT KECEMASAN DAN HASRAT BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI MEMUKUL BOLA (BATTING AVERAGE) ATLET SOFTBALL YUNIOR PUTRI PADA KEJURNAS YUNIOR TAHUN 2001 DI LAMPUNG

WENI ENDAHING WARNI, 119610131 (2002) PENGARUH TINGKAT KECEMASAN DAN HASRAT BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI MEMUKUL BOLA (BATTING AVERAGE) ATLET SOFTBALL YUNIOR PUTRI PADA KEJURNAS YUNIOR TAHUN 2001 DI LAMPUNG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
PSIKOLOGI 031-A.02 WAR P.pdf

Download (377kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah semakin rendah tingkat kecemasan dan semakin tinggi hasrat berprestasi maka semakin tinggi prestasi memukul bola (batting average). Hal ini dilatarbe1akangi oleh keadaan dimana seorang atIet yunior yang diharapkan dapat bermain baik atau mencapai prestasi temyata menunjukkan hasil yang kurang memuaskan, khususnya bagi pclatih. Penelitian dilakukan pada se1uruh populasi yaitu pemain inti tim softball yunior putri (46 orang), berasal dari 7 propinsii 7 tim yaitu : Jawa Barat, DKI Jakarta, Irian Jaya, Kalimantan Tengah, Lampung, Jawa Timur, dan Riau. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Berdasarkan uji validitas terdapat 40 aitem sahih dari 50 aitem yang dibuat pada kuesioner tingkat kecemasan. Pada kuesioner hasrat berprestasi terdapat 37 aitem sahih dari 50 aitem yang dibuat kuesioner. Nilai koefisien reliabiHtas kuesioner tingkat kecemasan sebesar 0,917 sedangkan nilai koefisien hasrat berprestasi sebesar 0,954 dengan p < 0,05 pada masing-masing kuesioner sehingga kedua kuesioner dinyatakan andal. Tehnik analisa data menggunakan tehnik analisis regresi. Dari analisis regresi yang dilakukan didapatkan nilai R (korelasi ganda) 0,785, menunjukkan hubungan antara variabel tingkat kecemasan dan variebel hasrat berprestasi secara bersama-sama terhadap batting average. Nilai R tersebut diuji signifikansinya dengan uji F dan didapat nilai sebesar 34,459 dan p < 0,001, nHai p < 0,05, menunjukkan bahwa variebl tingkat kecemasan dan hasrat berprestasi menunjukkan pengaruh yang sangat kuat terhadap batting average. Dengan demikian hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa ada pengaruh tingkat kecemasan dan hasrat berprestasi terhadap prestasi memukul (batting average) atIet softbal1 yunior putri, dapat diterima atau terbukti benar. Variabel tingkat kecemasan memiliki hubungan yang negatif terhadap batting average, dengan r par -0,533 dan p < 0,001, nilai negatifmempunyai arti bahwa semakin tinggi tingkat kecemasan maka semakin rendah batting average. Variabel hasrat berprestasi mempunyai hubungan yang positif terhadap batting average, dengan r par = 0,625 dan p < 0,00 I, nilai positif menunjukkan bahwa semakin tinggi hasrat berprestasi maka semakin tinggi pula batting averagenya. Sumbangan re1atif 61,6%, dimana sumbangan dari variabel hasrat berprestasi sebesar 36,19%, sedangkan sumbangan dari variabel tingkat kecemasan 25)9%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB PSI 031-A/02 War p
Uncontrolled Keywords: ACHIEVEMENT, SOFTBALL, ATHLETE
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
WENI ENDAHING WARNI, 119610131UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSURYANTO, Drs. . M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 21 Dec 2016 17:34
Last Modified: 11 Jun 2017 17:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49773
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item