PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN PENGGUNA JASA PERDAGANGAN ELEKTRONIK MELALUI INTERNET (E-COMMERCE)

DEASY FARISA TANVIDIAH, 039614312 (2000) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN PENGGUNA JASA PERDAGANGAN ELEKTRONIK MELALUI INTERNET (E-COMMERCE). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK PER 60-00 TAN P.pdf

Download (648kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hubungan hukum yang terjadi diantara pihak pembeli dan penjual dalam hal transaksi jual beli melalui internet adalah didasarkan pada perjanjian diantara para pihaknya, yaitu'berdasarkan pasaJ 1338 ayat ( 1 ) jo pasaJ 1320 BW. Perjanjian . tersebut adalah perjanjian jual beli, dimana perjanjian tersebut dianggap telah lahir pada saat penjual berhasil mengotorisasi kartu kredit pembeli dan kemudian penjual mengjrimkan barang yang dibeli. Iklan dalam perdagangan elektronik merupakan pernyataan kehendak secara sepihak dari merchant dimana berupa penawaran dari merchant kepada calon pembeli merupakan keinginan atau kehendak merchant yang mengandung usul untuk mengadakan perjanjian dengan calon pembeJi dengan tujuan agar calon pembeti tertarik untuk membeli dan memiliki barang produksinya. Melihat dari perkembangan iklan dewasa ini terutama yang ada dalam toko virtual pada situs internet yang dituju, bisa dikatakan bahwa iklan pada umumnya bukanlah merupakan penawaran, melainkan undangan untuk melakukan penawaran. Hal ini berkaitan dengan tidak dicantumkannya syarat·syarat hak dan kewajiban dan u~sur-unsur lain yang penting dalam suatu perjanjian tidak ikut dicantumkan dalam iklan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PER 60-00 TAN P
Uncontrolled Keywords: PERLINDUNGAN KONSUMEN
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
DEASY FARISA TANVIDIAH, 039614312UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLisman Iskandar, SH., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 21 Dec 2016 19:32
Last Modified: 13 Jun 2017 16:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49812
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item